Dipantau Kapolda Kalsel, Ambruknya Alfamart Gambut Diduga Karena Faktor Usia

terasbanua.com, Banjar - Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto turun langsung mendatangi lokasi musibah ambruknya ritel modern Alfamart di Jalan Ahmad Yani KM 14 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Senin (18/4/2022) sekitar pukul 22.30 wita.



Kapolda Kalsel mengatakan bahwa diperkirakan runtuhnya gedung tersebut salah satunya karena faktor umur gedung yang sudah cukup tua.


"Gedung ini umurnya kira kira sekitar 20 tahun dan sering terendam air gambut, kemungkinan akibat faktor tersebut secara kontruksi sudah tidak sesuai dengan awal dibangun," ucap Kapolda Kalsel didampingi Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai.


Bahkan, Irjen Pol Rikwanto mengungkapkan berdasarkan keterangan saksi sebelumnya sempat terdengar suara dentuman dari bangun hingga akhirnya runtuh.


"Memang ada tanda tanda seperti suara dentuman sebanyak 8 kali yang diduga adalah suara patahan dari kontruksi yang gagal karena faktor cuaca atau umur," terang Irjen Pol Rikwanto.


Menanggapi hal tersebut, pihaknya telah menghubungi dari pihak Lab Forensik Surabaya untuk menyelidiki bagaimana penyebab pasti runtuhnya gedung tersebut.


"Kemungkinan besok sudah bisa datang," ungkapnya.


Sementara itu, ditambahkan oleh Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai bahwa hingga sekarang berdasarkan data sementara, diduga ada sebanyak 16 korban yang terdiri dari karyawan dan pengunjung. Diantaranya ada 8 orang yang selamat, 3 meninggal dunia, dan ada 5 yang masih dalam pencarian.


"Sekarang masih berlangsung proses evakuasinya dan semoga bisa ditemukan semua," pungkasnya.


(Krisna)

5 tampilan0 komentar