Dinkes dan Disdik Kota Banjarmasin Siap Laksanakan Vaksinasi Anak di Sekolah

terasbanua.com, Banjarmasin - Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun sudah bisa dilaksanakan di Kota Banjarmasin.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi

Meskipun begitu, diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi untuk pelaksanaannya masih terkendala karena ketersediaan vaksin untuk anak saat ini sangat terbatas.


Mengingat, tambahan untuk dosis vaksin anak jenis Sinovac baru saja diusulkan pihaknya kepada Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).


"Ada sebanyak 25 ribu dosis kita ajukan. Karena yang vaksin anak itu jenis Sinovac saja," ungkapnya saat ditemui di Balai Kota Banjarmasin, Selasa (18/1/2022).


Adapun untuk ketersediaan vaksin anak saat ini ada sebanyak 4 ribu dosis yang ada dan tersebar di 26 puskesmas yang ada di Banjarmasin.


Melalui ketersediaan vaksin yang ada tersebut. Sejak diberlakukannya kebijakan itu, seluruh puskesmas sudah bisa memberikan pelayanan vaksinasi pada anak dengan ketersediaan stok vaksin yang ada.


Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin untuk pelaksanaan vaksinasi anak yang akan digelar di sekolah-sekolah di Banjarmasin.


Tentunya hal tersebut bertujuan untuk mempercepat vaksinasi anak. Mengingat target vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di Banjarmasin itu mencapai 71 ribu lebih.


"Melalui Disdik nanti akan menghimpun sekolahnya dan menginformasi seluruh orang tua siswa agar berkenan mendampingi anaknya untuk bervaksin atau yang tidak bisa mendampingi itu membuat surat persetujuan anaknya bervaksin," terangnya.


Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya melalui petugas puskemas sudah mulai melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi anak ke sekolah-sekolah.


"Besok kita juga bersama-sama dengan Polresta untuk melaksanakan vaksinasi dan beberapa sekolah yang sudah menyatakan kesiapan untuk vaksinasi ini," tandasnya.


Ia juga pastikan bahwa pemberian vaksin pada anak usia 6 hingga 11 tahun ini sangat aman untuk disuntikkan.


"Kami siap bertanggung jawab jika terjadi hal tidak diinginkan pada vaksinasi anak ini," akhirnya.


Adapun dosis vaksin yang disuntikkan pada anak hanya 0,5 mili dan diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar