Dinilai Tak Profesional Menjalankan Tugas, Kasat Pol.PP Tegaskan Pembongkaran Sudah Sesuai Prosedur

terasbanua.com, Banjarmasin - Dituding tidak profesional dalam menjalankan tugas oleh petugas penertiban pembongkaran baliho bando di Jalan Ahmad Yani beberapa waktu lalu.

Kepala Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin menegaskan bahwa apa yang pihaknya lakukan sudah sesuai dengan prosedur.


"Ada surat tugas. Kalau tidak ada bagaimana kami bisa berani untuk membongakar," ucapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon, Senin (1/11/2021) siang.


Menurut Muzaiyin, sebelumnya pihaknya juga telah mengirim Surat Peringatan (SP) 1 hingga 3 pada pemilik baliho bando. Sehingga tidak ada pertimbangan lagi untuk tidak membongkar.


"Kami sudah memberikan surat pemberitahuan kepada semua pemilik baliho bando. Jika tidak melakukan pembongkaran sendiri maka Satpol PP yang melakukan pembongkaran secepatnya," tuturnya.


Adapun laporan yang baru saja dilayangkan pemilik baliho bando kepada polisi usai pembongkaran beberapa waktu lalu.


Muzaiyin mengaku siap mengikuti dan menghormati  proses hukum yang tengah berjalan saat ini hingga selesai nanti.


Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa proses penertiban baliho bando akan tetap berjalan sebagaimana aturan yang telah berlaku.


"Kita tetap melanjutkan penertiban ini karena proses ini juga cukup lama, melalui proses hukum dan sebagainya. Kemarin juga sempat ada laporan di Polda dan sudah mendapat jawaban dan tidak ditemukan unsur pidana. Jadi sebenaranya ini sudah selesai," tandasnya.


Sebelumnya diakui Muzaiyin sebagian besar para pengusaha advertising telah mendukung penertiban ini. Walaupun ada sebagian yang masih menolak pembongkaran.


"Senin lalu kita kirim surat itu ke semua pengusaha dan sebagian besar mereka mendukung saja penertiban ini," ujarnya.


Diketahui, dalam penertiban ini ada sebanyak 10 baliho bando yang akan dibongkar. Diperkirakan akan selesai dalam kurung waktu 10 hari hingga 15 hari ke depan.


"Kita lihat kondisinya nanti karena sekarang kan lagi musim hujan tapi semoga saja dalam kurung waktu itu bisa kita selesaikan segera tanpa ada hambatan," harapnya.


(Hamdiah)

9 tampilan0 komentar