Dinilai Ganggu Jalan, Pemko Turun Mediasi Warga Adyaksa Dengan Pemilik Usaha Rongsokan

terasbanua.com, Banjarmasin - Usai menerima aspirasi warga Jalan Adyaksa, Kelurahan Sungai Miai. Asisten I Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintahan, Machli Riyadi menindaklanjuti aspirasi tersebut dengan langsung meninjau ke lokasi pada Senin (9/5/2022) lalu.



Machli menyampaikan pada peninjauan tersebut merupakan sebagai mediasi antar warga komplek dengan pemilik usaha yang dinilai mengganggu fasilitas jalan.


"Saya ditunjuk Pak Wali untuk memediatori akan aspirasi masyarakat sebelumnya," ucap Machli.


Dari hasil peninjauan tersebut, pemilik usaha akhirnya bersedia untuk mengembalikan fungsi jalan dan memperbaiki jalan yang rusak.


Tentunya tindakan pemilik usaha ini diapresiasi tinggi dari Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin karena sikap koperatif yang ditunjukan oleh pemilik usaha barang bekas tersebut.


"Alhamdulillah sudah ada kesepakatan bersama pemilik usaha," ujarnya.


Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin juga mengatakan hal ini juga sebagai upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Serta hadir dalam menyelesaikan sengketa antar pemilik usaha dengan warga.


Disisi lain, ia memaklumi proses perbaikan kondisi jalan tersebut masih belum selesai dikerjakan pada waktu yang sebelumnya ditentukan.


“Sebetulnya perbaikan ini harus selesai sebelum hari raya kemarin," katanya.


Namun pihaknya memberikan kesempatan lebih, karena pekerja tidak bisa bekerja secara maksimal saat berpuasa waktu itu.


Tidak hanya itu, ia juga menekankan agar tumpukan barang bekas milik perusahaan yang ada di tepi jalan tersebut harus tidak ada lagi dengan batasan waktu yang telah diberikan.


Jika tidak, maka terpaksa pihaknya mengambil tindakan dengan menerjunkan petugas Satpol-PP Kota Banjarmasin untuk membersihkan mengeksekusi tumpukan barang bekas tersebut.


“Agar proses perbaikan jalan bisa cepat dikerjakan,” tuturnya.


Sementara itu, Pemilik gudang barang bekas PT Papadaan Jaya Bersama, Fauzi mengaku bahwa pihaknya siap menjalankan apa yang sudah diinstruksikan oleh Pemko Banjarmasin.


Perbaikan jalan untuk pengembalian fungsi jalan itu pun sudah mulai dilakukan pihaknya.


Sebelumnya, Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin utara menyampaikan laporan aspirasi warga Komplek Adyaksa akan fungsi jalan yang dianggap tidak bisa diakses warga sekitar. Dikarenakan terganggu adanya tumpukan barang bekas milik perusahaan di area tersebut.


Sehingga polemik tersebut direspon cepat oleh Pemkot Banjarmasin untuk mendapatkan solusi yang saat ini telah disepakati bersama.


(Hamdiah)

6 tampilan0 komentar