Dinas PUPR Banjarmasin Sosialisasikan Pola Pengaturan Tata Ruang

terasbanua.com, Banjarmasin - Disahkan sebagai Peraturan Daerah (Perda). Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin pun mensosialisasikan Perda Nomor 6 Tahun 2021, di salah satu hotel berbintang, Senin (22/11/2021).

Perda tersebut berisikan tentang RT/RW tata ruang di Kota Banjarmasin dan telah disahkan sejak 27 Oktober 2021 lalu hingga pada perencanaan pembangunan kota 2041 mendatang.


Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menerangkan giat tersebut sebagai pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat tentang pola ruang kota.


"Sudah disahkan oleh dewan maka kita sosialisasikan kembali," ucap Arifin.


Pihaknya akan memperhatikan seluruh ruang kota baik itu ruang perdagangan, pendidikan, ruang olahraga maupun ruang terbuka hijau dan lainnya.


"Kawasan yang fokus itu adalah kawasan industri terpadu kelurahan Mantuil," ujarnya.


Guna menghindari terjadinya penyimpangan dan lainnya. Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin juga memiliki satu management untuk pengawasannya. Tentunya perlu memberikan pemahaman terhadap seluruh aspek.


Lantas bagaimana struktural dan perencanaan terutama bagi jalan bebas hambatan (JBH) ?


PLT Kadis PUPR Kota Banjarmasin, Rini Subantari memaparkan misalnya dikawasan jalan Hasan Baseri sebagai akses perdagangan dan jasa.


Di Mantuil sebagai kawasan pertanian dan peruntukkan wilayah perumahan.


"Di RT/RW ini adalah arah pengembangan kota untuk 20 tahun ke depan" imbuhnya.


Apalagi perda RT/RW ini merupakan perda yang selama ini ditunggu semua lapisan untuk menentukan pola ruang pada tiap kawasan kota.


(Hamdiah)

29 tampilan0 komentar