Dinas PUPR Banjarmasin, Segerakan Pembebasan Lahan Kuin Cerucuk dan HKSN

terasbanua.com, Banjarmasin - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin akan segera lakukan pembebasan lahan di kawasan Kuin Cerucuk dan HKSN.

Kepala Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiono.

Dalam pembebasan lahan tersebut sedikitnya ada 46 persil lahan dan bangunan rumah yang dilakukan di kawasan tersebut. Adapun 46 persil itu sendiri terdiri 21 persil di Kawasan Kuin Cerucuk dan 25 persil di HKSN.


Sekitar 33 miliyar rupiah anggaran yang harus dikeluarkan Dinas PUPR untuk melakukan pembebasan lahan di dua kawasan tersebut.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiono.


"Alhamdulillah sebagian besar ada kesepakatan bersama warga yang terdampak," ucapnya kepada terasbanua.com, Rabu (14/4/2021).


Sigit juga menjelaskan bahwa pembebasan lahan tersebut merupakan salah satu bagian dari pembangunan Jembatan HKSN ditahap kedua di tahun ini.


Untuk saat ini pihaknya telah menyediakan anggaran 23 miliar lebih, di mana masih ada kekurangan sekitar 10 miliyar rupiah untuk bisa merealisasikan proyek tersebut.


"Nanti kita upayakan kekurangannya di perubahan 2021," ujarnya.


Sekarang pihaknya bersama Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banjarmasin telah berada pada tahap verifikasi warga yang terdampak untuk dilakukan pembayaran.


Sementara itu, untuk proyek tersebut masih dalam tahap lelang yang diperkirakan akan keluar hasilnya pada bulan Mei 2021 nanti.


"Satu bulan setelah itu kemungkinan di bulan Juni, kita sudah bisa memulai pengerjaan fisiknya," paparnya.


Dirinya juga menambahkan, pembangunan jembatan HKSN di 2020 telah dilakukan serah terima terhadap Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pada Maret 2021 lalu.


(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua