Dilatih Dari Nol, Sebanyak 30 Peserta Mengikuti Pelatihan WUB Pembuatan Sasirangan Pewarna Alam

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota Banjarmasin membuka pelatihan wirausaha baru (WUB) dalam membuat sasirangan dengan mengunakan pewarna alam, di Aula Kayu Baimbai , Balai Kota Banjarmasin, Senin (7/6/2021) pagi.

Pelatihan ini akan dilaksanakan sejak tanggal 7 hingga 10 Juni mendatang. Dimana pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terbagi di tiga lokasi dan pastinya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


"Tempat pertama itu ada di workshop milik pak Agus Tinus, tempat kedua dan ketiga itu bertempat RSK (Rumah Sasirangan Kreatif) dengan jumlah peserta masing-masing 10 orang," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar kepada awak media usai pembukaan pelatihan WUB, Senin (7/6/2021).


Para peserta wirausaha yang ikut pelatihan kali ini sendiri merupakan wirausaha baru yang belum terdaftar dan belum di bina Pemko Banjarmasin. Sehingga peserta ini yang benar-benar dilatih dan dibimbing mulai dari 0.


"Kita lebih konsen pelatihan IKM (Industri Menengah Kecil) Binaan Disperdagin Banjarmasin. Itu kurang lebihnya pelatihan sasirangan berwarna alam, tekstil dan pelatihan terkait air guci," paparnya.


Diakui Tezar sapaan akrabnya, sejauh ini pihaknya sudah menciptakan banyak wirausaha baru yang diikuti 564 orang.


"Alhamdulillah sampai dengan tahun 2020 kita sudah menciptakan wirausaha baru kurang lebih 564 orang dan tahun ini Insya Allah ada 90 orang," ujarnya.


Tezar berencana akan mengusulkan inovasi baru yakni pelatihan pembuatan sasirangan payet yang ada di kota berjuluk Seribu Sungai tersebut.


"Kita akan mengusulkan sasirangan payet. Mudah-mudahan ini menjadi varian baru yang memang sementara ini belum ada. Semoga disetujui pimpinan kita," tutupnya.


Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin, Akmad Fyadyeen mengapresiasi inovasi pemberian warna alam dalam pembuatan kain sasirangan.


Selain itu, ia juga berharap melalui pelatihan ini pengrajin sasirangan di Kota Banjarmasin semakin banyak.


"Bagus sekali sehingga ke depannya para pengrajin kita makin banyak, makin berinovasi dengan bercorak ragam dan akan sangat diminati masyarakat kita dan hingga luar yang kita harapkan," ujarnya


Tentunya ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu mata pencarian masyarakat kota Banjarmasin yang cukup menjanjikan.


"Ke depannya ini akan menjadi roda perekonomian kita dan penghasilan warga kita lebih meningkat," akhirnya.


(Hamdiah)

32 tampilan0 komentar