Diikuti 26 Perusahaan Dalam Penilaian Properda 2020, Satu Perusahaan Masih Peringkat Merah


TERAS BANUA, BANJARBARU - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Kalimantan Selatan menganugerahkan penghargaan Properda 2020 kepada puluhan perusahan di Kalimantan Selatan yang terlibat dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan alam, yang digelar di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Senin (28/12/2020) pagi.


"Dalam penyerahan penghargaan ini disampaikan, sebanyak 25 perusahaan diantarnya 23 perusahaan Biru dan 2 perusahaan peringkat hijau," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana.


Peringkat kinerja perusahaan yang mengikuti penilaian Properda 2020 sebanyak 26, diantaranya 23 perusahaan yang meraih peringkat kinerja biru yang menandakan bahwa perusahaan tersebut telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.


Sedangkan, 2 perusahaan masuk dalam peringkat kinerja hijau yang menandakan bahwa perusahan tersebut telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem manajemen lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien dan melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan baik.


Selain itu ada 1 perusahaan yang mendapat peringkat kinerja merah yang menandakan perusahaan sudah melakukan upaya pengelolaan lingkungan, akan tetapi baru sebagian mencapai hasil yang sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan dalam bidangnya.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalse, Hanifah Dwi Nirwana, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup di sekitar perusahaannya dengan baik.


"Ini sebagai apresiasi kami kepada perusahaan yang telah baik dalam pengelolaan lingkungan hidup, dan kami juga terus memberikan semangat kepada perusahaan yang belum ikut serta dalam penilaian proper," ucapnya.


Walaupun apresiasi penghargaan ini diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, ia berharap hal itu tidak mengurangi antusiasme semua untuk tetap melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.


Sementara itu, Roy Rizali Anwar menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel dalam sambutannya berharap pencapaian dari perusahaan yang mendapat penghargaan dalam Properda bisa terus dipertahankan dan dapat menularkan ke perusahaan-perusahaan yang lainnya agar dapat juga melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik dan memberdayakan masyarakat sekitar.


"Semoga melalui Properda ini, dapat memicu kita untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dalam upaya peningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kalsel yang bersih, sehat, dan lebih berkualitas" tuturnya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua