Diharap Bisa Menaati Aturan, Pemko Kumpulkan Relawan Pemadam Kebakaran

terasbanua.com, Banjarmasin - Buntut panjang dari permasalahan tabrak maut yang melibatkan mobil barisan pemadam kebakaran (BPK) dengan seorang perempuan muda yang menjadi korban dalam insiden beberapa waktu lalu.

Membuat Pemerintah Kota Banjarmasin mengumpulkan semua relawan pemadam kebakaran yang ada di Banjarmasin melalui rapat koordinasi yang digelar di Aula Kecamatan Banjarmasin Timur, Kamis (20/5/2021) siang.


Dalam pelaksanaan rakor ini melibatkan aparat TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Banjarmasin.


Pelaksana Harian (Plh) Sekretariat Daerah Banjarmasin, Mukhyar rakor yang digelar ini merupakan tahapan pertama dalam sosialisasi Perda nomor 13 tahun 2008, tentang pencegahan dan penanggulangan Bahaya Kebakaran serta terkait undang-undang lalu lintas.


"Mudah-mudahan dari kegiatan ini bisa paling tidak bisa menyamakan persepsi bagi kawan-kawan relawan bahwa inilah harus jaga karena kami berharap mereka menjalankan tugas dengan nyaman tanpa terjadinya musibah tambahan," ucapnya kepada awak media.


Mukhyar juga mengapresiasi atas semangat para relawan pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya untuk menolong sesama.


Ia juga menyebutkan bahwa para pemadam sudah merupakan aset pemko yang harus dijaga bersama-sama sehingga perlu difasilitasi.


"Ini merupakan aset pemko makanya kami berharap para pemadam menaati peraturan yang berlaku dan difasilitasi misalnya dalam pembuatan SIM," tuturnya.


Dengan adanya sosialisasi ini Mukhyar berharap ke depannya peraturan-peraturan yang berlaku bisa ditaati.


"Kita yakin ke depannya mudah-mudahan bisa taat semua yang penting Pemko hadirlah untuk mereka," harapnya.


Sementara itu, Plt Kasatpol PP, Ahmad Muzaiyin, menuturkan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut di kecamatan lainnya dan pihaknya siap menerima masukan-masukan dari relawan pemadam kebakaran.


"Nanti bagaimana formulasinya dan di lain sisi aturan-aturan yang mengatur dalam pelaksanan UU lalu lintas maupun Perda apa perlu direvisi nanti kita koordinasikan kembali," terangnya.


Diketahui, pemadam kebakaran yang tergabung dalam barisan relawan kebakaran (Balakar) Banjarmasin berjumlah 277 yang tersebar di lima kecamatan.


(Hamdiah)

28 tampilan0 komentar