Dibongkarnya Belasan Kios dan Normalisasi Sungai Hingga Penyedotan Jadi Pilihan Atasi Banjir

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Sebanyak 14 kios di kawasan Pasar Kuripan Banjarmasin, mulai dibongkar oleh pemiliknya secara mandiri. Pembongkaran ini ditujukan lantaran dinilai menjadi biang tertutupnya aliran Sungai Veteran yang berada di atas bantaran sungai.

Tak hanya melakukan pembongkaran, Pemerintah Kota Banjarmasin nampaknya berusaha menanggulangi banjir, dengan menurunkan petugas kebersihan untuk melakukan normalisasi sungai.


Tak tanggung-tanggung, satu unit pompa air pun turut dioperasionalkan di kawasan Pasar Kuripan. Dengan menghadirkan petugas PD PAL untuk membuang dan mengalirkannya menuju Sungai Martapura, yang secara kuantitas penampungan debit air lebih besar.


Saat dikonfirmasi, Kabid Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar menyebut tersumbatnya hingga digenanginya banjir berhari-hari di kawasan Jalan Veteran dengan ketinggian mencapai lutut, disebabkan tertutupnya aliran Sungai Veteran akibat pembangunan belasan kios.


Tezar, sapaan akrabnya, mengaku bersyukur. Mengingat para pemilik kios menyetujui dan mendukung pembongkaran tersebut sebagai upaya penanganan banjir.


“Alhamdulillah para pemilik mulai mengosongkan barang-barangnya di kios. Bahkan mereka langsung yang membongkar secara mandiri untuk memanfaatkan bangunan yang dibongkar untuk dibawa pulang,” ujar Tezar, sapaan akrabnya.


Sebagai kompensasinya, pihaknya menyediakan pengganti kios yang dibongkar kepada pemiliknya untuk menempati kios di lantai dasar Pasar Kuripan yang sudah tidak ada aktivitas perdagangan.


(Ri)

11 tampilan0 komentar