• Krisna

Diberi Timah Panas Saat Hendak Kabur, Begini Kronologi Penangkapan Pelaku Curanmor

terasbanua.com, Banjarmasin - Seperti diberitakan sebelumnya, dua orang pelaku pencurian sepeda motor berinisial M alias Itak (26) dan RAN alias Lian (24) berhasil diringkus tim Opsnal Banjarmasin Utara, pada Minggu (17/4/2021) sekitar pukul 00.30 Wita.

Kedua pelaku saat diamankan Polsek Banjarmasin Utara.

Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Indra Agung Permana Putera melalui Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Utara Ipda Hendra Agustian Ginting menjelaskan dalam proses penangkapan kedua pelaku tersebut petugas memberikan tindakan tegas dan terukur.


"Terpaksa kami berikan tindakan tegas dan terukur terhadap dua pelaku karena mencoba kabur saat akan ditangkap," ucap Ipda Hendra Agustian Ginting, Rabu (21/4/2021).


Yang pertama adalah Lian, yang saat itu mengetahui keberadaan anggota yang akan menangkapnya saat berada di Gang Baru Jalan Veteran.


Takut akan ditangkap, Lian pun nekat melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor yang kemudian dikejar oleh petugas.


"Petugas sempat memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara namun Lian tetap melaju hingga akhirnya petugas memutuskan untuk memberikan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan kaki kiri Lian," terangnya.


Kemudian untuk pelaku Itak, awalnya dia hendak menunjukkan lokasi barang bukti, namun ternyata dia mengelabui petugas dan mencoba melarikan diri. Karena itu, petugas akhirnya juga harus menghadiahi timah panas ke kaki Itak.


Untuk diketahui, kedua pelaku tersebut menjalankan aksi pencuriannya pada Senin (5/4/2021) sekitar pukul 20.00 wita di parkiran Hotel Pesona. Dalam aksi tersebut pelaku membawa kabur satu unit sepeda motor jenis Satria F warna putih milik seorang korban bernama M. Rizki Syahbana (16).


Korban yang merupakan tamu di Hotel Pesona pertama kali mengetahui motornya hilang saat ia mau keluar untuk membeli obat. Dia mendapati bahwa motor miliknya yang saat itu dalam keadaan tidak terkunci stang sudah tidak ada lagi di parkiran hotel.


Selanjutnya korban pun meminta pihak security hotel untuk mengecek CCTV dan diketahui bahwa sepeda motor miliknya telah dicuri oleh dua orang laki-laki yang tidak dikenal dari parkiran hotel tersebut dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banjarmasin Utara.


Menanggapi laporan tersebut, dipimpin Kanit Reskrim Banjarmasin Utara, tim Opsnal Polsek Banjarmasin Utara dengan sigap melakukan proses penyelidikan.


Setelah melakukan proses penyelidikan, akhirnya petugas yang berhasil mendapatkan identitas serta lokasi para pelaku dan melakukan penangkapan.


Kedua pelaku ditangkap di lokasi yang berbeda, pelaku Lian ditangkap petugas saat berada di Gang Baru Jalan Veteran. Kemudian dari penangkapan tersebut petugas melakukan pengembangan kasus dan berhasil menangkap pelaku Itak di Sei Lulut Komplek Persada V.


Sedangkan untuk barang bukti yang disembunyikan oleh para pelaku, kami temukan di Komplek Gugus Depan Kecamatan Banjarmasin timur.


Kini kedua pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Polsek Banjarmasin Utara untuk proses hukum lebih lanjut.


Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya yang melanggar hukum, kedua pelaku sementara dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian.


(Krisna)

0 tampilan0 komentar