Dibalik Kebijakan Penghapusan Tenaga Honorer, Ada Harapan Bagi Ribuan Nasib Guru Honorer

terasbanua.com, Banjarmasin - Dibalik adanya kebijakan baru mengenai penghapusan tenaga honorer di tahun 2023 mendatang.



Ada harapan bagi ribuan guru honorer di Kota Banjarmasin. Pasalnya secara tidak langsung seluruh guru honorer mungkin akan ada pengangkatan status menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


"Karena kalau tidak diangkat siapa yang akan mengajar di sekolah," ucap Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Fendie saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022).


Menurutnya, tidak menutup kemungkinan juga jika guru honorer akan masuk di formasi Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) dan PPPK. Mengingat hanya dua peluang itu saja yang bisa diambil.


Apabila nantinya pengalihan tenaga honorer guru itu diarahkan untuk mengikuti PPPK maupun CPNS. Jika penghapusan tenaga honorer benar-benar dilakukan November 2023 mendatang.


Pasalnya guru honorer tidak mungkin dilakukan outsourcing seperti tenaga honorer lainnya di instansi pemerintahan.


"Jadi sebenarnya para guru honorer tidak perlu khawatir dengan kebijakan baru itu karena secara tidak langsung kebijakan itu menjamin kejelasan status mereka," terangnya.


Dirinya juga percaya, suatu kebijakan yang diberlakukan pemerintah pasti juga memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan.


Adapun selama ini lanjutnya, pengangkatan guru honorer sendiri adalah untuk menanggulangi kekosongan tenaga pengajar di sekolah agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.


"Pasti ada alternatif lain jika bukan PNS atau PPPK yang akan menyeimbangkan kebijakan baru itu," pungkasnya.


(Hamdiah)

19 tampilan0 komentar