Di Momentum Peringatan Hari Kartini, Disperdagin Kota Banjarmasin Gelar Pasar Murah

terasbanua.com, Banjarmasin - Di momentum peringatan Hari Kartini tahun 2022. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin mengelar pasar murah yang bertempat di samping Halaman Balai Kota Banjarmasin, Kamis (21/4/2022).



Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan pergelaran pasar murah ini dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April.


"Dari Disperdagin kita melaksanakan pasar murah dalam peringatan Hari Kartini," ucap Tezar sapaan akrabnya di sela-sela acara peringatan Hari Kartini yang sekaligus pengukuhan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) periode tahun 2022-2024.


Paket sembako yang dijual dalam pasar murah tersebut, berupa 2 liter minyak goreng dan 2 kilogram gula pasir dengan harga Rp. 55 ribu untuk satu paketnya.


"Kalau harga di pasaran itu sekitar Rp. 70 ribu tapi disini kita jual dengan harga Rp. 55 karena di subsidi oleh salah satu Bank milik BUMN. Setiap paket di subsidi sebanyak Rp. 15 ribu," terang Tezar.


Adapun jumlah paket sembako yang disiapkan pihaknya dalam pergelaran pasar murah kali ini ada sebanyak 500 paket.


"Di Kelurahan juga ada 500 paket. Jadi hari ini ada 1000 paket, namun secara keseluruhan itu sekitar 10. 500 ribu paket yang kita sediakan selama Ramadhan ini," ungkapnya.


Kemudian lanjutnya, pasar murah ini tidak dibuka untuk umum. Hanya menyasar warga yang masuk terdaftar dalam keluarga pra sejahtera.


Dimana setiap warga yang ingin membeli paket sembako wajib menunjukkan kupon yang telah dibagikan sebelumnya.


"Memang orang-orang terpilih yang bisa menebus mengunakan kupon," tuturnya.


Sementara itu, Siti Zaitun salah satu warga yang mengantri mengaku senang dengan adanya pergelaran pasar murah ini, karena ini cukup membantu warga. Mengingat sekarang ini harga kebutuhan pokok mengalami kenaikkan.


"Cukup membantu warga yang kurang mampu lah dengan adanya pasar murah ini," ujarnya.


Harga paket sembako yang dijual pun menurutnya lumayan terjangkau dibandingkan harga di pasaran. Dimana harga minyak goreng per liternya Rp. 19 ribu dan gula pasir Rp. 15 ribu.


Tentunya ia berharap, pergelaran pasar murah seperti ini bisa terus dilaksanakan, agar warga terbantu dengan kondisi harga kebutuhan pokok yang sedang naik.


"Semoga ini sering-sering dilaksanakan karena ini sangat membantu," akhirnya.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar