Demokrat Banjarmasin Turunkan Tim Satgas Pemantauan PSU dan Anti Money Politik

terasbanua.com, Banjarmasin - Guna memastikan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan berjalan jujur dan adil. DPC Partai Demokrat Kota Banjarmasin membentuk satuan tugas untuk menjaga dan memantau pengamanan PSU Pilgub pada 9 Juni 2021 mendatang.

Ketua DPC Demokrat Banjarmasin, Bambang Yanto Permono
Ketua DPC Demokrat Banjarmasin, Bambang Yanto Permono

Satgas yang akan diturunkan untuk melakukan pemantauan dan pengawalan di lapangan ada sebanyak enam ribu orang. Nantinya akan disebar 12 kelurahan di Banjarmasin Selatan dan setiap kelurahan akan dijaga lima ratus orang.


Ketua DPC Demokrat Banjarmasin, Bambang Yanto Permono, menuturkan bahwa pembentukan satgas pemantauan ini tak lain untuk menjaga pelaksanaan PSU khususnya di Banjarmasin bisa berjalan dengan jujur, adil, dan damai.


Pihaknya juga memastikan bahwa pelaksanaan PSU mendatang tidak terselip pelanggaran politik uang dari masing-masing pasangan calon.


"Harapnya dengan adanya satgas kita sebar itu hal-hal seperti politik uang dan sebagainya tidak terjadi," ucapnya kepada terasbanua.com melalui sambungan telpon, Senin (24/5/2021).


Selain melakukan pemantauan dan pengaman, satgas ini juga akan berperan aktif memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, agar tidak terlibat dalam segala macam pelanggaran pada PSU nanti.


"Salah satunya itu kita juga laksanakan agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita harapkan dalam PSU nanti," tuturnya.


Mengingat pada PSU Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada 28 April lalu, banyaknya temuan politik uang yang terjadi di tengah masyarakat hingga dilaporkan.


Tentunya Bambang berharap itu bisa menjadi pembelajaran agar hal serupa tidak terjadi pada PSU Pilgub nanti.


"Ini juga jadi pembelajaran bagi masyarakat kota Banjarmasin bahwa segala macam itu tidak harus mengenai uang semata," ujarnya.


Bambang juga menegaskan bahwa diturunkannya satgas pemantauan dari Partai Demokrat tidak semata-mata karena ada salah satu paslon ada diusung Partai Demokrat. Tetapi untuk memastikan pelaksanan PSU berjalan baik sesuai harapan semua pihak.


"Kita sebagai partai juga yang ikut melaksanakan apa yang diucapkan dari para paslon bukan hanya semata-mata untuk Partai Demokrat," tegasnya.


Ia juga berharap kedua paslon bisa menaati peraturan yang berlaku sebagaimana yang telah mereka deklarasikan sebelumnya agar pelaksanaan PSU berjalan kondusif dan tidak terjadi perpecahan antar kedua kubu, tim pendukung dan masyarakat.


"Kita harapkan PSU ini berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku makanya kita harapkan dari kedua paslon ini panutan terbaik di Kalsel jadi sangat penting diimplementasikan di lapangan supaya hal-hal yang diharapkan bisa terlaksana," harapnya.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar