Dekranasda Gandeng Angkasapura I Promosikan UMKM Khas Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Dekranasda Kota Banjarmasin kembali melakukan terobosan, untuk membantu promosi pengrajin dan ukm binaannya. Menggandeng PT. Angkasapura I (tbk) sebagai pengelola Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dekranasda Kota Banjarmasin menyelenggarakan Dekrashow, yang digelar di area keberangkatan.



"Berawal dari tantangan General Manager PT. Angkasapura I, Bapak Dony Subardono kepada Wali Kota Banjarmasin, Bapak Ibnu Sina, untuk melakukan kegiatan promosi daerah di lingkup Bandara Syamsudin Noor. Maka kami, Dekranasda Kota Banjarmasin, menyambut tantangan tersebut dengan menggelar Dekrashow yang kedua, yang sebetulnya telah teragendakan dalam kalender kegiatan kami," ujar Siti Wasilah, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin.


Didukung oleh berbagai pihak, termasuk dinas-dinas terkait, di lingkup pemerintah Kota Banjarmasin, Dekrashow yang kedua ini menggandeng berbagai mitra yang sama-sama punya visi untuk mendukung kemajuan UKM, seperti Bank Indonesia dan Bank Kalsel Cabang Banjarmasin. Promosi dan pemasaran adalah ujung tombak dari rangkaian kegiatan bisnis UKM, dan pastinya memegang peranan penting agar para UKM bisa melanjutkan usahanya.


"Inovasi dan tempat promosi menjadi hal penting untuk meningkatkan standar dan kualitas produk-produk UKM. Dan PT. Angkasapura I sangat "concern" untuk mendukung para UKM ini, dengan mengalokasikan tempat untuk mereka memasarkan produknya. Tentunya dengan standar kurasi kami. Dan kesempatan kami tawarkan kepada Pemko Banjarmasin, yang disambut baik oleh Dekranasda-nya dengan sangat antusias. Kami mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini, untuk kemajuan bersama,"kata Dony Subardono, GM Angkasapura I.


Acara Dekrashow yang kedua kali ini, akan digelar pada tanggal 2-4 Juli 2022 dimeriahkan dengan fashion show dan pameran dari karya para pengrajin. Untuk fashion show, akan diselenggarakan pada saat pembukaan, tanggal 2 juli 2022, dengan mengambil waktu padatnya penumpang, di jam 09.00 -12.00 Wita.


Fashion Show kali ini akan menampilkan karya kreatif dari desainer muda binaan Dekranasda Kota Banjarmasin dan mitra APPMI Kalsel. Akan ada 26 desain karya dari 17 desainer yang terdiri dari 5 desainer APPMI dan 12 desainer muda. Adapun para desainer tersebut adalah sebagai berikut :


1. Desainer muda binaan Dekranasda Kota Banjarmasin :

a. SURAIDA MAHDA YANTI

b. KARINA AMALIA PUTRI

c. NAUFAL LISNA REISYA

d. RABIATUL ADAWIYAH

e. LAILA RAHMIDA

f. FAUZIYAH ROHMAH WATI

g. HELDA ARDANY

h. MUTIAH

i. MURJANI

j. SANDI AGUSTINURINA RAHMAWATI

k. MUSLIM SUGIANTO


2. Desainer anggota APPMI :

a. FAHMI SASIRANGAN

b. CATRINE AMBARSARI

c. YANI MODE UNGU

d. AISYAH BUSANA BY PIPIP

e. IBNU HASAN


Dekrashow adalah kegiatan inovasi Dekranasda Kota Banjarmasin, sebagai ajang promosi, untuk unjuk karya inovasi bagi para desainer, dan pengrajin. Jadi selalu ditampilkan karya desain sebagai turunan dari karya dasar pengrajin dan pameran serta "bazaar" untuk berbagai produk pengrajin binaan.


Dalam agenda kegiatan Dekranasda Kota Banjarmasin, setidaknya akan ada 4 agenda Dekrashow, dan di area Bandara Syamsudin Noor merupakan agenda kedua, setelah sebelumnya Dekrashow pertama digelar di showroom Dekranasda Kota Banjarmasin, di Rumah Anno 1925.


Tantangan untuk para desainer saat ini adalah menciptakan karya indah, menarik dan simple dari kain berbahan dasar sasirangan. Dengan menjadikan area keberangkatan sebagai "runway" , para model akan memamerkan karya desainer kepada penumpang dan juga tamu undangan.


Fashion Show di area Bandara menjadi gebrakan pertama di Kalsel, dan menjadi yang kedua di Indonesia, setelah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang. kegiatan Diharapkan dengan kegiatan spektakuler ini, kain sasirangan dengan berbagai desainnya, akan semakin berkibar, dan dijadikan pilihan busana oleh masyarakat Indonesia.


Diharapkan berdampak positif bagi para desainer dan pengrajin binaan Dekranasda Kota Banjarmasin. Dekrashow ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai tampilan budaya seperti tarian dan musik khas banjar, yang akan hadir selama masa pameran berlangsung dari tanggal 2-4 juli 2022.


Diskominfotik/Hamdiah

3 tampilan0 komentar