Debit Air Mulai Pasang, Ibnu Sina Ingatkan Warga Untuk Siap Siaga Dari Bencana Banjir

terasbanua.com, Banjarmasin - Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah menetapkan status siaga bencana banjir di Kota Banjarmasin.

Musibah banjir yang terjadi pada awal tahun 2021 lalu (dokumentasi).

Penetapan tersebut dilakukan setelah melihat kondisi curah hujan yang mulai tinggi beberapa hari terakhir.


Bahkan baru-baru ini telah dilaporkan bahwa debit air sudah mulai tinggi sehingga merendam beberapa jalanan dan kawasan permukiman warga.


"Tadi malam, Senin (8/11/2021) juga dilaporkan genangan air sudah mulai meninggi ke permukiman walaupun cepat saja turunnya," ucap Ibnu Sina, Selasa (9/11/2021).


"Di kawasan Kelayan memang setiap tahun seperti itu ada kenaikan tinggi muka air sehingga jalanan menjadi tergenang. Walaupun cepat saja turunnya pas malam 2-3 jam dan paling lama 4-5 jam air akan mulai turun," sambungnya.


Melihat kondisi tersebut, Ibnu menghimbau kepada masyarakat khususnya di kawasan yang berpotensi terjadinya banjir untuk terus siap siaga dalam mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.


"Kami berharap ini rutinitas yang bisa dikendalikan masyarakat di pinggir sungai yang mungkin sudah paham dengan perilaku sungai. Sehingga masyarakat bisa mengantisipasi jangan sampai terjadi korban serta masuknya hewan liar atau berbisa ke rumah," tuturnya.


Ibnu berhadap intensitas curah hujan tidak terlalu tinggi, sehingga tidak terjadi penambahan debit air yang menyebabkan terjadinya banjir.


Disisi lain, Ibnu membeberkan bahwa pihaknya melalui Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin juga terus siap siaga dan terus memantau perkembangan kondisi.


"Setiap saat kepala BPBD menyampaikan perkembangan progresnya di dalam grup pimpinan SKPD untuk sama-sama kita antisipasi," akhirnya.


(Hamdiah)

21 tampilan0 komentar