Dari Level II Loncat Ke Level IV, Sebenarnya PPKM Banjarmasin Level Berapa?

terasbanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 45 kabupaten/kota di provinsi luar Jawa, terdaftar untuk memasuki status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV.

Ket foto : Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, (Dokumentasi)
Ket foto : Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, (Dokumentasi)

Dimana provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masuk dalam urutan 19 dan dua kota yang akan menerapkan PPKM Level IV, yakni kota Banjarmasin dan Banjarbaru yang akan diberlakukan mulai tanggl 26 Juli mendatang.


Diketahui data tersebut, dikeluarkan langsung secara resmi oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) baru-baru ini.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Banjarmasin, Machli Riyadi, membantah Ibu Kota Provinsi Kalsel ini akan memberlakukan PPKM level IV.


"Tidak, kita harus mengevaluasi dulu, kita menilai dan menentukannya,"ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (24/7/21).


Menurutnya, untuk bisa mengubah status menjadi level IV, tentu harus ada tiga indikator yang dipenuhi terlebih dahulu.


Tiga indikator tersebut diantaranya penambahan kasus Covid-19 mingguan, berapa orang yang dirawat dalam seminggu di rumah sakit dan Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit.


Jika terpenuhi maka tidak menutup kemungkinan PPKM level IV di kota Seribu Sungai ini akan diberlakukan.


"Yang tau persis data itu kan tempat kita, boleh saja data KCP-PEN menyebut seperti itu. 3 indikator itulah penentu level PPKM-nya. Kalau sekarang buru-buru sekali menetapkan begitu," tegasnya.


Diakui Machli sebelumnya, saat melakukan evaluasi pada minggu lalu, Banjarmasin hanya melaksanakan PPKM level II mendekati III.


"Memang mendekati III, tapi kita tidak tetapkan dulu supaya masyarakat jangan panik. Kasian ekonomi masyarakat ini, psikologi masyarakat kita seperti apa nantinya," ujarnya.


Kalaupun nanti akan diberlakukan PPKM level IV di Banjarmasin, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu untuk itu.


"Besok kita evaluasi dulu, setiap Sabtu kan kita evaluasi. Jadi akan kita tentukan apakah kita level IV atau level III. Sabtu lalu hanya level II mendekati III," akhirnya.


Diketahui sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina telah menegaskan bahwa Banjarmasin saat ini masih berstatus level II dan telah diberlakukan sejak 21 lalu hingga 25 mendatang.


Tentunya keputusan tersebut diambil berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 23 tahun 2021, Kota Banjarmasin resmi berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level II.


Kendati demikian, dirinya tak menampik perubahan level II menunju III bisa saja terjadi apabila kasus Covid-19 terus mengalami lonjakan nanti.


"Status Banjarmasin masih level dua hampir menuju level tiga," kata Ibnu, (21/7/2021)

Rabu Kemarin.


(Hamdiah)

122 tampilan0 komentar