Dapati Gedung Miring, Dinas PUPR Banjarmasin Pinta Pemilik Lakukan Sertifikasi Layak Fungsi

terasbanua.com, Banjarmasin - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin langsung menindaklanjuti adanya laporan gedung miring yang berada di kawasan Haryono MT dan Nagasari Banjarmasin Tengah.



Usai melakukan pemantauan langsung ke lokasi beberapa waktu lalu. Diakui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Bangunan, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Agus Suyatno mengatakan bahwa memang ada beberapa gedung yang dinilai mengalami kemiringan.


Tentunya kondisi kemiringan pada gedung di dua kawasan tersebut harus segeranya mendapat perhatian serius dari pemilik gedung sendiri.


"Karena memang bangunan-bangunan tersebut sudah tua," ungkap Agus kepada awak media, Kamis (11/8/2022).


Walaupun alami kemiringan, namun gedung tersebut tidak mengalami keretakan sehingga dari pemilik gedung merasa tidak terlalu khawatir.


Meskipun begitu, pihaknya tetap meminta kepada seluruh pemilik gedung untuk melakukan pengecekan akan kondisi gedung bangunannya.


Selain itu, para pemilik gedung juga meminta untuk segeranya melakukan Sertifikasi Layak Fungsi agar mengetahui kelayakan gedung bangunannya.


Sehingga pengawasan akan bangunan yang mengalami kemiringan bisa terus dapat dilakukan dengan baik.


"Kami sebagai pengawasan, jadi menyampaikan penilaian," ujarnya.


Di samping itu, ia mengungkapkan bahwa pihaknya terus mensosialisasikan Sistem Informasi Pembangunan Gedung yang bisa diakses secara online kepada seluruh masyarakat khususnya yang memiliki gedung.


Apalagi lanjutnya sekarang ini, pembangunan gedung wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk memudahkan dalam pendataan setiap bangunan gedung yang ada di Banjarmasin.


Menurutnya pendataan harus dilakukan, guna menghindari adanya pembangunan gedung di tengah permukiman warga yang bertentangan dengan tata ruang di Kota Banjarmasin.


Hamdiah

4 tampilan0 komentar