Dana PIP Tahun 2021 Akan Cair, Kepala Sekolah Berharap Orang Tua Siswa Tidak Menyalahgunakan Bantuan

terasbanua.com, Banjarmasin - Pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) RI segeranya bisa dinikmati peserta didik.



Adapun jumlah penerima bantuan ini khususnya di Banjarmasin ada sebanyak 16 ribu peserta didik baik itu jenjang SD maupun SMP.


Plt Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Nuryadi mengungkapkan nilai bantuan PIP untuk di Kota Banjarmasin sendiri ada sebesar Rp. 13 miliyar.


Adapun peserta didik jenjang SMP mendapat jatah hampir Rp. 5 miliyar untuk 5 ribu penerima, sedangkan jenjang SD mendapat jatah sebesar Rp. 8 miliyar untuk 11 ribu penerima.


"Pertahunnya bantuan itu disalurkan. Kalau untuk SMP itu sebesar Rp. 750 ribu sedangkan SD Rp. 450 ribu," ungkap Nuryadi usai menghadiri kegiatan sosialiasi PIP yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor di sekolah SMPN 7 Banjarmasin, Selasa (8/3/2022).


Dana bantuan PIP ini akan disalurkan langsung melalui rekening bank yang sudah dibuatkan pemerintah untuk peserta didik yang berhak menerima.


Adapun pengusulan peserta didik yang berhak mendapat bantuan PIP itu sendiri, diajukan langsung oleh sekolah masing-masing ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin.


Dimana nantinya pengusulan tersebut, dilakukan penyesuaian data oleh Dinsos terhadap penerima. Apakah memenuhi dengan kriteria penerima bantuan PIP tersebut, baru setelahnya dilanjutkan ke Kemendikbud RI untuk di verifikasi.


"Pengusulan dari sekolah untuk siswa yang menerima itu di 18 Oktober terakhir yang mana saat hendak masuk sekolah dana sudah bisa dicairkan," tutupnya.


Diketahui, program PIP sendiri merupakan bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Secara terpisah Kepala Sekolah SMPN 7 Banjarmasin, Kabul menuturkan bahwa bantuan PIP ini sepenuhnya diserahkan kepada orang tua peserta didik sendiri yang berwenang.


"Pemanfaatannya diserahkan kepada orang tua karena bantuan langsung masuk pada rekening anak yang menerima," tuturnya.


Tentunya bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk keperluan sekolah peserta didik itu sendiri. Sehingga ia berharap orang tua yang berwenang untuk tidak menyalahgunakan bantuan PIP dan mengunakannya dengan semestinya.


"Kami hanya bisa memberikan informasi saja mengenai PIP itu, selebihnya seperti pemanfaatan bantuan itu kembali ke orang tua yang menerima kami tidak bisa mengontrol sejuah itu," terangnya.


Adapun jumlah peserta didik di SMPN 7 Banjarmasin yang menerima bantuan PIP ini ada sebanyak 132 siswa dari jumlah keseluruhan 658 siswa.


(Hamdiah)

26 tampilan0 komentar