Dampak Pasar Terapung Siring Tendean Tutup, Bantuan Jukung Terpaksa Belum Bisa Dimanfaatkan

terasbanua.com, Banjarmasin - Bantuan CSR di salah satu perusahan yang berupa perahu jukung khas Banjar sebanyak sepuluh unit pada tahun lalu. Terlihat terpakir di Halaman Menara Pandang dan terbungkus terpal begitu saja.



Saat dikonfirmasi, Ketua UPT Siring Nazizah mengaku memang sengaja diamankan. Pasalnya hingga saat ini bantuan jukung tersebut belum bisa digunakan karena Pasar Terapung Siring Tendean masih tutup.


Mengingat pada saat penyerahan, rencananya bantuan ini akan dimanfaatkan kepada acil-acil jukung yang berjualan di Pasar Terapung Siring Tendean.


"Karena masih tutup jadi kita amankan dulu biar tidak rusak ataupun hilang," terang Nazizah kepada awak media, Senin (6/6/2022).


Akibat melandanya pandemi Covid-19 waktu itu lanjutnya, banyak acil-acil jukung terpaksa menjual jukung miliknya.


Sehingga bantuan tersebut diperuntukkan pada acil jukung agar bisa berjualan kembali yang mana acil-acil jukung cukup membawa dagangannya saja lagi dan mengunakan jukung bantuan ersebut.


Adapun dari sepuluh unit jukung tersebut, satu diantaranya tetap dipajang agar para wisatawan yang berkujung bisa berfoto.


"Jadi bukan tidak dimanfaatkan tapi masih belum," tandasnya.


Disisi lain, untuk rencana dibukanya kembali Pasar Terapung Siring Tendean tersebut masih dalam proses penyiapan pagar melalui lelang LPSE dengan anggaran sebesar Rp. 180 juta yang ukuran panjang pagar portabel tersebut kurang lebih 300 meter.


Memang diakuinya pemberian pagar hanya di sepanjang kawasan objek wisata tersebut saja dan sifatnya sementara. Mengingat usulan pemasangan pagar permanen di seluruh kawasa Siring Tendean masih belum diterima.


"Biar bisa jalan Pasar Terapung maka kita gunakan pagar sementara saja. Kalau nanti sudah ada pagar aslinya, untuk pagar tadi bisa disimpan dan bisa disewakan nantinya," jelasnya.


Tentunya ia berharap di bulan Juli mendatang Pasar Terapung Siring Tendean sudah bisa beroperasi seperti biasanya. Mengingat sudah banyak acil-acil jukung mengeluh karena tidak bisa berjualan.


"Semoga segeranya beropersional," tutupnya.



Hamdiah

4 tampilan0 komentar