Dalam Waktu Dekat Dinkes Gelar Bian Ke Sekolah Madrasah di Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (Bian) kembali diperpanjang hingga bulan September mendatang.



Tentunya perpanjangan program pemerintah tersebut disebabkan karena capaian imunisasi anak khususnya di Kota Banjarmasin masih rendah.


Walaupun diketahui sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin seperti sertifikat imunisasi menjadi syarat wajib untuk anak masuk sekolah dan juga kenaikan kelas.


Namun nyatanya capaian imunisasi masih rendah dan jauh dari target yang ditentukan yakni sebesar 70 persen.


Maka dari itu, kali ini Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin berencana akan melaksanakan imunisasi pada sekolah-sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarmasin


"Kemarin Jumat kita sudah bersilahturahmi di Kementrian Agama Kota Banjarmasin untuk menindaklanjuti perpanjangan BIAN hingga 13 September 2022 nanti," ungkap Kepala Dinas Dinkes Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan kepada terasbanua.com, Selasa (16/8/2022).


Kemudian lanjut Ramadhan, di minggu-minggu ini pihaknya akan melakukan sosialisasi mengenai program BIAN ke sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di Kota Banjarmasin.


Setelah itu, segeranya pihaknya akan mengatur jadwal untuk pelaksanaan imunisasi di sekolah-sekolah MI tersebut.


"Memang sebelumnya di sekolah di bawah Kemenag itu kita belum maksimal karena pada saat kemarin itu lebih fokus di sekolah di bawah Dinas Pendidikan," terangnya.


Adapun sampai saat ini, capaian imunisasi pada anak di kota yang berjuluk Seribu Sungai tersebut telah mencapai 38,5 persen.


Tentunya ia berharap capaian imunisasi dalam perpanjangan waktu kali ini bisa lebih banyak lagi.


"Selain di sekolah kami berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk melakukan imunisasi pada anaknya di Puskesmas juga," akhirnya.



Hamdiah

9 tampilan0 komentar