Dalam Spirit Hari Jadi Kota Banjarmasin Ke-495, Ibnu Sina Harap Masyarakat Muliakan Peninggalan Raja

terasbanua.com, Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-495. Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin, mengawali ziarah ke Makam Sultan Suriansyah yang berlokasi di Jalan Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Jumat (24/9/2021) pagi.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melakukan tabur bunga di makam Sultan Suriansyah, didampingi Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor (samping kanan). Foto Hamdiah

Terlihat seluruh unsur Forkopimda yang berhadir mengenakan pakaian adat Banjar dalam acara ziarah tersebut.


Usai melakukan doa bersama dengan zuriat Raja Pertama Banjar, Ibnu Sina dan Arifin Noor beserta istri melakukan tabur bunga di makan Raja Pertama, Khatib Dayan, serta Patih Masih.


"Ini dalam rangka spirit kita dalam menghormati dan memuliakan pendiri kota Banjarmasin. Kemudian perjuangan beliau mendirikan Banjarmasin dan menjadi sebuah kesultanan Banjar. Itu pengaruhnya luar biasa bukan hanya di pulau Kalimantan, bahkan sampai keluar pulau Kalimantan," ucap Ibnu Sina usai meninjau museum yang letaknya tak jauh dari Makam Sultan Suriansyah.


"Jadi spiritnya Kayuh Baimbai, Waja Sampai Keputing dalam perjuangan. Mudah-mudahan ini spirit yang kita warisi juga untuk membangun kota Banjarmasin ke depan," imbuhnya.


Dalam kegiatan ziarah tersebut, Ibnu Sina juga sempat mengomentari kondisi makam Sultan Suriansyah dan museumnya yang telah membaik usai konflik pengelola makam Raja tersebut selesai.


"Sekitar dua bulan lalu kondisinya masih memprihatikan. Alhamdulillah sekarang sudah dalam kondisi yang bagus, rapi, dan koleksinya juga yang sudah semakin lengkap," tuturnya.


Ia juga mengajak seluruh masyarakat kota Banjarmasin, khususnya dikawasan makam Raja Banjar tersebut untuk menjaga dan melestarikan peninggalan yang ada.


"Jadi kita jaga dan kita pelihara. Mudah-mudahan warga disini dan juga pihak-pihak yang sudah berkontribusi bisa menjaga serta memuliakan tempat ini.  Mudah-mudahan bisa bersatu dan damai saja kita semua. Terima kasih banyak," kata Ibnu Sina.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar