Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut Terendam Banjir

TERAS BANUA, TANAH LAUT - Curah hujan tinggi yang merata selama beberapa hari terakhir, membuat daerah di Kalimantan Selatan terendam banjir.

Dari pantauan di lapangan, setidaknya ada dua daerah yang terparah dilanda banjir yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut. "Memang ada beberapa daerah yang dikepung banjir, tapi ada dua daerah yang terparah yang menjadi fokus kita," ujar Kepala Basarnas Banjarmasin Sunarto, yang saat itu mengerahkan personelnya ke daerah banjir.


Di Kabupaten Banjar misalnya, tim Basarnas mengevakuasi puluhan warga menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih tinggi. Diantaranya, Kecamatan Pengaron dan Kurau di Kabupaten Banjar, sementara di Kabupaten Tanah Laut berada di kawasan Bati-bati.


Selain tingginya intensitas hujan, banjir juga diperparah oleh meluapnya tanggul dan beberapa Sungai. "Secepatnya harus dievakuasi karena sudah menenggelamkan rumah-rumah warga, tinggi air mencapai 2 meter. Intinya saat ini tim kami masih di daerah terparah untuk evakuasi," tambahnya.


Selain menggenangi rumah-rumah warga, banjir di Kabupaten Tanah Laut juga menutup akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu.

(Ri)

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua