Curah Hujan Tinggi Beberapa Wilayah Kalsel, Banjarmasin Waspadai Ancaman Banjir Rob dan Kiriman

terasbanua.com, Banjarmasin - Curah hujan yang cukup tinggi terjadi sejak dini hari, Senin (4/7/2022) di Kota Banjarmasin membuat sejumlah kawasan tergenang banjir



Berdasarkan hasil pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin ke lapangan.


Hampir seluruh kawasan di Kota Banjarmasin khususnya jalan protokol tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 10 cm hingga 30 cm.


"Apalagi di permukiman warga yang berada di dataran rendah itu lebih tinggi lagi bahkan ada beberapa kawasan yang masuk ke dalam rumah," ucap Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Fahruraji saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Senin (4/7/2022).


Fahrurraji menjelaskan bahwa curah hujan tinggi yang terjadi hari ini tidak hanya terjadi di Kota Banjarmasin saja. Tetapi juga, daerah sekitar lainnya seperti Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut


Tentunya kondisi tersebut patut diwaspadai Kota Banjarmasin, karena dikhawatirkan akan terjadi banjir kiriman dari daerah terdekat.


Saat bersamaan lanjutnya, sekarang ini Kota Banjarmasin sedang menghadapi ancaman banjir rob yang mengintai serta air laut pasang.


Memang berdasarkan informasi dari Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) curah hujan tinggi ini diprediksi puncaknya akan terjadi pada pukul 12 Wita.


"Itu yang kita khawatirkan, tapi semoga tidak terulang banjir seperti sebelumnya," tuturnya.


Di samping itu, pihaknya sudah bersiap siaga dengan potensi ancaman banjir besar yang mungkin saja terjadi.


Sekarang ini pun, personil dari BPBD bersama stakeholder terkait sudah turun ke lapangan untuk terus mengecek kondisi terkini banjir dan sebagian juga sudah ada yang stay by untuk peralatan.


"Jika peralatan diperlukan di lapang kita langsung bergerak cepat," pungkasnya.


Hamdiah

7 tampilan0 komentar