• Krisna

Corona Varian Baru Masuk Kalsel, Ini Asal Usulnya

terasbanua.com, Banjarmasin - Varian baru virus Corona sudah merambah di Indonesia yaitu di Karawang, Jawa barat. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dari jangka waktu Januari hingga Februari 2021 ada empat kasus baru, yaitu di Palembang, Kalimantan Timur, Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan.

Ilustrasi varian baru corona. Sumber: google.

Rabu (10/3/2021) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Muslim menjelaskan bagaimana penemuan mutasi atau varian baru Virus Corona B.1.1.7. Di Kalimantan Selatan.


"Varian baru tersebut ditemukan dari seorang wanita berinisial LM yang diketahui datang dari Bandung, Jawa Barat pada bulan September 2020. LM datang bertujuan untuk mendatangi suaminya yang bekerja proyek di Kabupaten Tapin," terang Muhammad Muslim.


Saat LM ingin kembali ke Bandung, dilakukan rapid antigen dan hasilnya postif. Sehingga dilanjutkan dengan swab PCR dengan hasil juga positif Covid-19.


Kepala Dinkes Kalsel tersebut mengatakan dari hasil swab PCR terhadap wanita itu dicurigai LM terjangkit varian baru Corona. Karena menunjukkan CT Value atau banyaknya jumlah siklus yang dihasilkan dalam mencari materi genetik virus berada di bawah angka 25, yang artinya semakin besar konsentrasi virus dalam tubuh pasien.


"Ada kebijakan kalau CT Valuenya di bawah 25 dicurigai, selain mereka yang datang dari luar negeri. Hasil penelusuran itulah menunjukkan terindikasi B1.1.7," ucapnya.


Karena hal tersebut, LM pun dirawat dan menjalani isolasi mandiri, hingga akhirnya pada 17 Februari lalu, wanita itu kembali melakukan rapid antigen dengan hasil negatif dan pulang ke Jawa barat.


"Hingga kini Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan telah menerjunkan tenaga tracing untuk menelusuri asal usul dan siapa saja yang terdapat oleh virus varian baru ini di Kalsel," pungkasnya.


(Krisna)

0 tampilan0 komentar