• Krisna

Corona Bermutasi, Machli Riyadi: Tetap Waspada Dan Terapkan Protokol Kesehatan

terasbanua.com, Banjarmasin - Satu tahun Virus Corona di Indonesia, kini diketahui virus tersebut  kini telah bermutasi di Inggris dan baru baru ini juga ditemukan di Karawang, Jawa Barat.

Ilustrasi mutasi Covid-19. Sumber google

"Wabah ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan kita harus sadar bahwa Covid-19 belum selesai dan bermutasi," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, Jum'at (5/3/2021).


Dr Machli Riyadi mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada meskipun virus mutasi tersebut belum masuk ke Banjarmasin.


"Meskipun sampai sekarang kami masih belum temukan adanya strain baru virus tersebut di Banjarmasin, namun masyarakat harus tetap waspada," imbaunya.


Ia juga tak bosan bosan mengingatkan masyarakat Banjarmasin untuk terus menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 4M: menjaga jarak, mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan guna mencegah terdampak Covid-19.


"Untuk mencegah hal tersebut, tetap jalankan protokol kesehatan, karena apapun trennya penularannya tetap sama dengan melalui droplet," ucapnya mengingatkan.


Ia menjelaskan meskipun mutasi virus ini memiliki gejala yang sama, namun lebih menular dan lebih mematikan.


"Yang rentan tertular virus ini adalah lansia,  terutama mereka yang memiliki penyakit bawaan," terangnya.


"Maka dari itu kita semua berkewajiban melindungi keluarga kita terutama orang tua kita dengan protokol kesehatan, karena mereka para lansia tidak jalan jalan namun kita yang kesana kemari dan membawa Covid-19 ke rumah," pungkasnya.


(Krisna)

1 tampilan0 komentar