Ceramah Bada Tarawih, Ibnu Sina Ajak Cintai Al-Quran dan Perbanyak Istighfar

terasbanua.com, Banjarmasin - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melaksanakan Salat Isya dan Tarawih berjamaah sekaligus mengisi ceramah bada Tarawih di Masjid Ar Rahim Sultan Adam, Kecamatan Banjarmasin Utara, Rabu (20/4/2022), malam.



Dalam ceramahnya, H Ibnu Sina mengingatkan sebagai kaum muslimin yang taat sudah semestinya harus menunjukan identitas muslim sebenarnya, yakni salah satunya ketika bulan suci Ramadan harus lebih dekat dan cinta dengan Al-Quran.


Kemudian beliau membacakan bunyi dari surah Nuh ayat 10, "Wahai Nuh, katakanlah (mereka) Tuhanmu itu maha pengampun, minta ampunlah kepada Allah SWT. Sungguh, Allah itu Maha Pengampun," ucapnya.


Selain itu, Ibnu Sina juga mengangkat kisah cendekiawan muslim Imam Hasan Al Basri ketika bertemu dengan murid - muridnya.


Murid pertama pun bertanya kepada Imam Hasan Al Basri, "Wahai Imam Hasan Al Basri, aku datang dari negeri yang jauh, negeriku dalam keadaan paceklik hujan tidak turun, kemarau berkepanjangan, kekeringan dimana-mana, apa yang harus aku lakukan?," beliau pun menjawab, "Banyak-banyak beristighfar," cerita Ibnu Sina.


Lalu datang murid lainnya bertanya, "Wahai Imam Hasan Al Basri aku sudah berkeluarga sekian tahun, berbagai macam cara sudah kulakukan, namun aku belum dikarunai keturunan, apa yang harus aku lakukan?," lagi - lagi beliau menjawab, "Banyak-banyak beristighfar," tambah Ibnu Sina.


Dari keadaan diatas, mereka pun bertanya - tanya, kenapa Imam Hasan Al Basri membeberkan jawaban yang sama, lalu apa kata Imam Hasan Al Basri?, "Sebetulnya bukan aku yang menjawab, tetapi Al Quran lah yang menjawabnya," tambah Ibnu Sina.


Oleh karena itu, Ibnu Sina menegaskan bahwa Istighfar itu adalah pembuka segala dikabulkannya doa, untuk itu beliau mengajak dalam momentum bulan suci Ramadan, baik saat menunggu waktu salat (adzan) tiba, saat waktu luang misalnya, jangan lupa untuk beristighfar sebanyak - banyaknya.


"Segeralah kau meminta ampun kepada Tuhanmu, karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun, dengan istighfar yang kau ucapkan, dengan istighfar yang kau lafadzkan dan dengan istighfar yang senantiasa kau lantunkan, maka Allah akan menurunkan hujan yang lebat untukmu, kemudian Dia juga akan memudahkan, mencukupkan harta benda, serta memperbanyak keturunan diantara kalian," tutupnya.


(Diskominfotik/Hamdiah)

0 tampilan0 komentar