Cegah Penyebaran Paham Radikalisme dan Terorisme, Polda Kalsel Silahturahmi Bersama Kamtibmas Tanbu

terasbanua.com, Tanah Bumbu - Guna mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme. Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengelar kegiatan silaturahmi Kamtibmas di Masjid Annizham, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (5/2/2022).



Mengusung tema "Dalam Rangka Meningkatkan Daya Tangkal dan Kewaspadaan Dini Penyebaran Paham Radikalisme, terorisme dan intoleransi untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif", ratusan jamaah yang termasuk para pelajar tingkat SMK  berhadir dalam kegiatan silahturahmi.


Dalam sambutannya, Ketua Cabang Muhammadiyah Tanah Bumbu, Absar turut mengapresiasi kegiatan positif tersebut.


Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda Kalsel yang telah peduli dalam upaya pencegahan paham radikal dan terorisme terhadap remaja banua.


"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para jemaah yang berhadir," ucap Absar.


Direktur Intelkam Polda Kalsel yang diwakili Kasubdit Kamneg Kompol Paryonto mengatakan bahwa pentingnya menyikapi serius mengenai ajaran-ajaran paham radikalisme ini.


Mengingat fenomena ini sudah masuk wilayah Kalsel. Bahkan saat ini Narapidana teroris masih dalam penyidik.


Anak muda yang masih labil dalam mencari jati diri sangat rentan terpapar dan menjadi sasaran akan paham radikalisme ini.


Sementara penyebaran paham radikal mempunyai seribu cara dalam merekrut anak berusia remaja yang menjadi sasarannya.


Guna dalam pencegahannya tersebut, tentu perlu dukungan semua lapisan masyarakat untuk terlibat agar mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.


"Untuk itu mohon hati-hati dalam menggunakan media sosial. Apabila kita salah memilih media sosial, maka kita akan mudah terpengaruh dalam paham radikal," terangnya.


"Kemudian jangan mudah menshare segala sesuatu paham ajaran radikalisme dan terorisme guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif," imbuhnya.


Sementara itu, Abdula Hamid, Kasi Penyelenggaraan Zakat dan Wakaf Kemenag Tanah Bumbu menuturkan bahwa adalah sasaran penyebaran paham radikal. Pemahaman jihad sesuai Alquran dan hadist, pemahaman mati syahid, islam  merupakan agama Rahmatan lil Alamin untuk mensejahterakan umat.


"Apabila ada yg menyengsarakan pasti bukan ajaran agama islam," tandasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Polda Kalsel juga diberikan beberapa bantuan kepada pengurus Masjid Annizham.


Terlihat ratusan jamaah yang berhadir tampak antusias mendengar giat silaturahmi Kamtibmas hingga selesai.


(Hamdiah)

26 tampilan0 komentar