• Krisna

Cegah Penyalahgunaan, Kantor Imigrasi Batulicin Musnahkan Belasan Ribu Arsip Fisik Substantif

terasbanua.com, Tanbu - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan memusnahkan puluhan ribu berkas arsip Fisik Substantif Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Selasa (30/11/2021).

Pemusnahan arsip tersebut dilakukan merujuk pada surat Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor B-KN.00.03/301/2021 Tanggal 11 Oktober 2021 perihal persetujuan pemusnahan Arsip dan Surat Kepala Biro Umum Nomor SEK.6-UM.02.02-99 Tanggal 14 Oktober 2021 perihal persetujuan pemusnahan arsip.


Perwakilan Biro Umum Sekretariat Jendral Kemenkumham RI Bimo Aji Prabowo menyampaikan bahwa pemusnahan arsip tersebut merupakan kegiatan penyusutan arsip sehingga fisik arsip tidak dapat dikenali lagi.


Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kanim Batulicin atas dilakukannya pemusnahan arsip ini.


"Kami mengapresiasi atas apa yang dilakukan Kanim Batulicin karena telah melakukan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) sehingga dapat terciptanya tata kelola kearsipan yang efektif dan efisien di Kanim Batulicin," ucapnya. Selasa (30/11/2021).


Rincian arsip uang dimusnahkan terdiri dari Berkas Dokumen Permohonan Perjalanan RI dan Berkas Arsip Pelayanan WNA permohonan visa on arrival dari tahun 2010 sampai 2017 sejumlah 16.621 (enam belas ribu enam ratus dua puluh satu) berkas. Pemusnahan berkas dilakukan dengan cara dibakar.


Dijelaskan oleh Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalimantan Selatan Tejo Harwanto bahwa kegiatan pemusnahan arsip fisik substantif itu merupakan langkah meniadakan arsip sehingga tidak bisa diakses lagi dan jangka waktunya sudah sesuai dengan aturan.


"Semua arsip yang terkumpuil sejak 2010 itu adalah data pribadi dan tidak boleh sampai disalahgunakan. Maka dari itu dimusnahkan agar mencegah penyalahgunaan apabila masih tersimpan," pungkasnya.


(Krisna)

6 tampilan0 komentar