• Krisna

Cegah Paham Radikal, Polda Kalsel Gandeng NU Dan Muhammadiyah Komitmen Saling Membantu

terasbanua.com, Banjarmasin - Polda Kalsel menandatangani nota kesepahaman dan kerjasama (MoU) dengan dua ormas agama yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Hal tersebut dilakukan untuk menangkal adanya paham radikalisme dan terorisme di Kalimantan Selatan.

Polda Kalsel Gandeng NU dan Muhammadiyah dalam mencegah masuknya paham radikal dan terorisme di Kalsel. Foto: istimewa.

Kedua ormas keagamaan tersebut dinilai memiliki peran penting dalam menangkal radikalisme, terorisme serta menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman.


Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman dan kerjasama antara Polda Kalsel dengan Pengurus Wilayah NU Kalsel dan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalsel ini merupakan perwakilan kerjasama antara Polri dan Ulama.


"MoU ini diselenggarakan sebagai upaya agar Kalimantan Selatan tetap aman kondusif, jauh dari hal-hal negatif, tidak ada potensi radikalisme, tidak ada potensi intoleransi dan tidak ada potensi terorisme," ucap Perwira Tinggi tersebut, Rabu (3/3/2021).


Sebagai wujud akan hal itu, lanjut Kapolda Kalsel, nantinya kedua pihak akan saling melakukan kunjungan silaturahmi, berbagi informasi, saling menenangkan masyarakat agar supaya menjalani kehidupan sehari-hari dengan benar, menuntut ilmu dengan benar, dan bersosialisasi bersama masyarakat dengan benar.


"Jika timbul potensi mengganggu Kamtibmas yang berujung terorisme, Kapolda berharap agar Polri, ulama, tokoh agama, serta masyarakat dapat saling bertukar informasi sehingga dapat mengantisipasi sejak awal agar tidak menjadi gangguan nyata," pungkasnya.


(Krisna)

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua