Cegah Kebakaran di Banjarmasin, Pemko Wujudkan Kampung Siaga Bencana Kebakaran

terasbanua.com, Banjarmasin - Rencananya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin akan melaunching Kampung Siaga Bencana Kebakaran dalam waktu dekat.


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Kampung Siaga Bencana Kebakaran ini akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk memperdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) setempat.


Tentunya rencana tersebut ingin diwujudkan dalam rangka upaya antisipasi awal dalam menghadapi terjadinya kebakaran besar. Khususnya di wilayah permukiman padat penduduk.


"Agar ketika terjadi kebakaran masyarakat sudah tahu untuk tindakan apa yang dilakukan," ungkap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina usai membagikan hadiah lomba ketangkasan kepada pemenang di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Kamis (23/12/2021).


Ia beharap hadirnya Kampung Siaga Bencana Kebakaran ini nantinya bisa mengurangi tingkat terjadi kebakaran yang terjadi di Kota Banjarmasin.


Ibnu membeberkan bahwa sejauh ini jumlah relawan BPK di Banjarmasin terbilang banyak di Indonesia. Tercatat di Damkar Indonesia, ada sebanyak 227 personel Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dan Pasukan Mencegah Kebakaran (PMK) di kota berjuluk Seribu Sungai ini.


"Tapi menurut catatan Satpol PP dan Damkar itu lebih ada 631 BPK dan PMK," ungkapnya.


Sementara ini baru dua titik yang diusulkan untuk mewujudkan Kampung Siaga Bencana Kebakaran.


"Di ring satunya di Pertamina dan sempat diusulkan di Kuripan," tutup Ibnu.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar