Capaian Vaksinasi Pelajar di Banjarmasin Masih Terhambat Izin Orang Tua

terasbanua.com, Banjarmasin - Capaian vaksinasi pelajar di Banjarmasin masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin.

Para siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin berhadir ke sekolah untuk mengikuti PTS terbatas.

Hal tersebut langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto usai memantau pelaksanaan PTS secara tatap muka di SMP Negeri 4 Banjarmasin, Kamis (16/9/2021) pagi.


Dimana yang menjadi alasan besar terhambatnya capaian vaksinasi pelajar, tak lain masih banyak orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk bervaksin,  karena khawatir dengan efek yang ditimbulkan setelah bervaksin.


"Iya izin orang tua karena itu harus jadi salah satu syaratnya siswa bisa bervaksin," katanya.


Bahkan diakui Totok ada beberapa sekolah, target vaksinasinya tidak mencapai sampai 50 persen.


"Ada sekolah agak kecil juga seperti laporan dari SMP 20 itu hanya sekitar 46 persen saja. Walaupun beberapa sekolah memang ada yang mencapai 100 persen vaksinasi," ungkapnya.


Kendati demikian, ditegaskan Totok untuk saat ini vaksinasi bukanlah menjadi syarat utama agar bisa mengikuti PTM terbatas di sekolah.


"Tidak-tidak untuk sementara belum menjadikan syarat karena Kemendikbud seperti itu juga mungkinkan kasihan dengan anak-anak. Jadi boleh mereka ikut PTM walau belum," tegasnya.


Disisi lain, vaksinasi pelajar juga terus gencar dilakukan pihaknya, agar pelaksanaan PTM nanti berjalan optimal. Selain itu, resiko penularan virus Covid-19 di sekolah pun kecil terjadi.


"Kami sih berharap target capaian vaksinasi itu mencapai 70 persen. Mudah-mudahan sambil berjalannya waktu pencapaian vaksinasi pada siswa tercapai," harapnya.


Ia juga menargetkan vaksinasi pelajar ini akan selesai pada bulan Oktober mendatang.


"Kita targetnya sekolah negeri September dan swasta di bulan Oktober," tandasnya.


(Hamdiah)

11 tampilan0 komentar