Capaian Vaksinasi Jadi Alasan Banjarmasin Kembali PPKM 4, Ibnu Sina Pertanyakan Capaian Vaksinasi

terasbanua.com, Banjarmasin - Sempat optimis status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banjarmasin akan turun ke level 3.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Namun nyatanya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin harus kembali berbesar hati. Pasalnya malam kemarin (20/9/2021), Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, kembali memperpanjang status PPKM level 4 di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut.


Dimana sebelumnya hasil evaluasi mingguan setelah diperpanjang Kota Banjarmasin sempat tidak disebutkan berada di level 4. Sama halnya dengan Kota Banjarbaru yang juga tak disebutkan.


Namun sebaliknya Kota Baru yang sempat tetap berada di level 4 malah lepas usai berakhirnya perpanjangan PPKM level 4 di dua pekan lalu.


"Intinya Kalsel itu ada dua yang masuk tetap memberlakukan PPKM level 4 yakni Banjarmasin dan Banjarbaru," ucapnya saat ditemui awak media, di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Senin (21/9/2021) siang.


Padahal menurut Ibnu Sina, tiga indikator penetapan status PPKM level 3 telah dipenuhi oleh Kota Banjarmasin. Dimana seharusnya kota Banjarmasin sudah bisa dikatakan lepas dari level 4.


Namun hanya saja ada penambahan kriteria yang tentunya belum bisa dipenuhi Pemko Banjarmasin sehingga menyebabkan tetap berada di level 4.


"Penambahan kriteria itu soal vaksinasi karena kita masih 43 persen capaian vaksinasinya. Sedangkan kriteria yang harus dipenuhi itu 50 persen ke atas," jelasnya.


Disisi lain, Ibnu Sina juga mempertanyakan kenapa daerah lainnya di Kalsel bisa berada di level 3 dan 2. Padahal capaian vaksinasi di Kota Banjarmasin lebih tinggi dibandingankan daerah lainnya.


"Berapa persentase vaksinasi mereka jadi bisa level 3 dan 2. Padahal capaian vaksinasi mereka masih rendah," tuturnya.


Meskipun begitu, ia tetap menerima keputusan tersebut dan berusaha untuk terus memasifkan vaksinasi di tengah masyarakat agar capaian vaksinasi tersebut terpenuhi.


"Begitu datang langsung kita distribusikan vaksinnya agar warga bisa cepat vaksinasi," ujarnya.


Selain itu, Ibnu Sina juga memastikan  kelonggaran-kelonggaran dalam kebijakan sebelumnya tetap berlaku. Khususnya sektor ekonomi.


"Tetap bisa seperti biasa dengan 25 persen dilonggarkan. Untuk mall 25 persen, terkait dengan kegiatan olahraga, sanggar senam, sanggar olahraga dan lainnya itu tetap bisa buka. Termasuk PTM kita tetap laksanakan terkecuali tempat hiburan malam," pungkasnya


(Hamdiah)

12 tampilan0 komentar