• Hamdiah

Capaian Imunisasi Terdampak Pandemi, Dinkes Banjarmasin Kejar Ketertinggalan Melalui Program BIAN

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin terus memaksimalkan capaian target imunisasi anak yang mengalami penurunan selama 2 tahun pandemi Covid-19 melanda.



Bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022, tentunya menjadi momentum yang pas untuk mengejar target imunisasi anak yang tertinggal tersebut.


"Untuk itu kita melaksanakan Pertemuan Forum Group Discussion (FGD) Persiapan Teknis Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 ini," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan usai membuka FGD BIAN bersama Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Selasa (10/5/2022).


Ramadhan menuturkan untuk menyukseskan kegiatan BIAN ini. Pihaknya melibatkan seluruh stakeholder terkait. Seperti para Camat, Kapolsek, Dandrim rem, Penyuluh Agama, Pengawas Pendidikan, Koordinator Imunisasi di Kota Banjarmasin.


"Kenapa dilaksanakan karena ini program UNICEF yang memang menjadi tujuan yang diharapkan agar imunisasi anak seperti rubela, polio, campak itu bisa berlanjut," tuturnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dari 93 persen target, kota Banjarmasin hanya mencapai 24 persen karena terhambat kondisi pandemi Covid-19.


Maka dari itu, di tahun 2022 ini pihaknya berusaha mengoptimalkan ketertinggalan capaian imunisasi anak agar bisa memenuhi target.


Melalui strategi yang telah dipersiapkan pihaknya, seperti FGD, menyampaikan sosialisasi secara luas, menyusun plan untuk langkah apa saja yang diambil.


"Makanya kata Kadisdik Pendidikan Pak Nuryadi, disaat anak-anak bersekolah ini bisa kita maksimalkan dan disampaikan bahwa imunisasi ini bermanfaat daya tubuh anak-anak di masa depan dan mencegah penyakit lainnya," jelasnya.


Adapun program BIAN ini akan dilaksanakan pada 18 Mei mendatang dengan harapan bisa berjalan sukses dan dapat mengejar ketertinggalan capaian imunisasi anak saat ini.


(Hamdiah)

9 tampilan0 komentar