Capaian Imunisasi Anak Masih Rendah di Banjarmasin, Program BIAN Diperpanjang Sebulan Ke Depan

terasbanua.com, Banjarmasin - Walaupun Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin terus gencar mengiatkan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).



Namun nyatanya hingga batas waktu dari yang telah ditargetkan pada 18 Juni 2022 lalu, capaian imunisasi anak di Kota Banjarmasin masih jauh dari target.


"Hampir satu bulan sudah tapi capaian imunisasi belum sampai target," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan saat dikonfirmasi awak media, Selasa (22/6/2022) kemarin.


Diakui Ramadhan, terkendalanya capaian imunisasi anak yang masih rendah tersebut dikarenakan masih banyak orang tua yang ragu hingga enggan anaknya melakukan imunisasi.


"Padahal saat sosialisasi sudah disampaikan manfaat dari imunisasi, namun masih saja banyak keraguan," terangnya.


Oleh karena itu, program BIAN di Kota Banjarmasin pun diperpanjang selama satu bulan ke depan hingga tanggap 18 Juni nanti dengan harapan target imunisasi bisa tercapai.


Berbagai strategi pun akan lebih dimaksimalkan lagi dalam mengejar ketertinggalan yang mana pihaknya berencana melaksanakan rapat dengan pimpinan yakni Wali Kota Banjarmasin untuk menentukan langkah dan strategi untuk memaksimalkan pelaksanaan imunisasi di Kota Banjarmasin.


"Dalam hal ini kita bicarakan dengan pimpinan dan dinas terkait. Harapannya juga dari Disdik ada tambahan, misalnya membuatkan instruksi tambahan seperti untuk persyaratan naik kelas ada sertifikat imunisasi," tuturnya.


"Kalau untuk SMP misalnya sertifikat vaksinasi Covid-19. Ya itu harapannya," imbuhnya.


Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa keraguan dari masyarakat tidak terlalu besar. Karena menurutnya masih ada hal lain yang belum dimaksimalkan. "Kita belum menyentuh dibawah instansi lain," imbuhnya.


Sementara itu, untuk data terakhir pertanggal 20 Juni capaian imunisasi baru diangka 31,18 persen. Dengan total 46.463 anak yang sudah diimunisasi. Jika melihat data sepekan lalu yakni 13 Juni. Capaian imunisasi baru diangka 24,45 persen, dengan total 36.444 anak. Dari total target sebanyak 149.035.


"Berarti dalam sepekan terakhir penambahan diangka 6,73 persen dengan total 10.019 anak yang diimunisasi," tutupnya.


Hamdiah

4 tampilan0 komentar