Calon Siswa SMPN 24 Banjarmasin Boleh Tidak Menyertakan Bukti Bervaksin Saat Mendaftar

terasbanua.com, Banjarmasin - Meski surat keterangan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 wajib disertakan oleh calon siswa yang hendak mendaftar Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kota Banjarmasin.



Namun di SMPN 24 Banjarmasin kebijakan tersebut sedikit dilonggarkan kepada calon siswa yang hendak mendaftar.


"Yang belum vaksin boleh mendaftar ke sekolah kami," ucap Kepala Sekolah SMPN 4 Banjarmasin, Pahri saat ditemuai jurnalis terasbanua.com usai memantau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, Senin (20/6/2022).


Kemudian siswa yang belum bervaksin akan di data dan diusulkan untuk bervaksin di seluruh Puskesmas di Banjarmasin.


Setelah di data lanjutnya, pihaknya akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada orang tua agar anaknya bersedia melakukan vaksinasi.


"Karena itu syarat wajibnya," ujarnya.



Sebelumnya, diakuinya dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin memang memperkenankan sekolah menerima calon siswa yang belum bervaksin.


Asalkan nantinya sekolah yang akan bertanggung jawab bagi seluruh siswa yang telah diterima agar bersedia melakukan vaksinasi.


"Melalui sosialisasi kemarin dibolehkan saja menerima siswa belum vaksin. Asalkan di data dan diarahkan untuk segera bervaksin," tutupnya.


Sebelumnya secara terpisah, Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Nuryadi mengungkapkan syarat melampirkan bukti telah melakukan vaksinasi bukan lah syarat mutlak bagi anak agar bisa bersekolah.


Pasalnya, masih banyak orang tua yang belum setuju anaknya divaksin. Dapat dilihat dari capaian vaksinasi anak yang masih rendah di Kota Banjarmasin hingga saat ini.


"Menyesuaikan saja. Karena tidak semua hari ini penerimaan hari itu juga siswa bisa vaksin," kata Nuryadi.


Kendati demikian, ia menekankan bahwa siswa yang telah diterima sekolah wajib melakukan vaksinasi.


Di samping untuk memenuhi syarat masuk sekolah, tentunya melalui vaksinasi ini bisa menekan resiko penularan virus Covid-19 pada siswa saat mengikuti proses pembelajaran di kelas nanti.


"Setelah diterima itu siswa di data lagi yang belum bervaksin wajib bervaksin dan ini pas sekali kita maksimalkan vaksinasi anak," akhirnya.


Hamdiah

10 tampilan0 komentar