Calon Ketua DPC di 13 Kabupaten/Kota Se-Kalsel Lanjut Ikuti Fit And Proper Test

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemilihan calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat serentak di 13 Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV yang di gelar Best Western Kindai Hotel, Senin (21/2/2022) lalu.


Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi (Kalsel), Bambang Yanto Permono

Telah menetapkan nama-nama calon Ketua DPC di 13 Kabupaten/Kota oleh masing-masing Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) dalam hasil muscab tersebut.


Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi (Kalsel), Bambang Yanto Permono mengungkapkan bahwa dari 13 kabupaten/kota, 11 diantaranya aklamasi sementara 2 kabupaten/kota lainnya mengusulkan 2 nama.


"Tahapan muscab serentak ini menetapkan nama- nama tersebut dari bakal calon Ketua DPC menjadi calon Ketua DPC," ucap Bambang melalui press release, Rabu (23/2/2022) malam.


Adapun nama-nama calon Ketua DPC Partai Demokrat di 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel yaitu :


1. Edi Junaidi (Kota Banjarmasin)


2. Said Sobari (Kota Banjarbaru)


3. Ihsan Giyanto (Kabupaten Batola)


4. Sahidudin (Kabupaten Kotabaru)


5. Yudha Kusuma (Kabupaten Tanah Bumbu)


6. Arkani (Kabupaten Tanah Laut)


7. Masrur Aauf Jafar dan Ismail (Kabupaten Banjar)


8. Miftahul Jannah (Kabupaten Tapin)


9. Romier Emma Ramadayanti Rivilla (Kabupaten Hulu Sungai Utara)


10. Muhajir Rahman (Kabupaten Hulu Sungai Selatan)


11. Rifky Rifani dan Rahim (Kabupaten Hulu Sungai Tengah)


12. Samsudinor (Kabupaten Balangan)


13. Feri T. Elpani (Kabupaten Tabalong)


Dimana selanjutnya seluruh calon Ketua DPC akan mengikuti tahapan fit and proper test atau tahap uji kelayakan dan kepatutan para calon yang dilakukan langsung oleh Tim 5.


Tim 5 yang menguji terdiri Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsyah, Kepala BPOKK, Herman Khaeron serta Ketua Umum Partai Demokrat Kalsel, Ibnu Sina dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalsel yakni Bambang sendiri.


"Setelahnya baru seluruh Calon akan di pilih dan di tetapkan menjadi Ketua DPC Definitif periode 2022-2027," tuturnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa banyaknya kabupaten/kota yang hanya memunculkan satu nama dalam perhelatan muscab IV serentak ini bukan menandakan bahwa tidak adanya regenerasi atau kurangnya kader yang layak. Akan tetapi melihat dari kedewasaan yang baik di tiap DPC di 13 kabupaten/kota tersebut.


Menurutnya banyak nama yang berpotensi dan layak serta ingin meramaikan perhelatan muscab serentak ini sebelum pelaksanaannya.


"Namun terjadi komunikasi yang baik dari tiap daerah, karena memiliki tujuan yang sama untuk membesarkan Partai Demokrat di kabupaten/kota masing-masing," pungkasnya.


Sebelumnya, DPD juga telah berkomunikasi ke seluruh bakal calon ketua di tiap kabupaten/kota. Banyak yang menyatakan menjadi satu untuk memenangkan Partai Demokrat.


"Sebagai contoh di Kota Banjarmasin, kita semua mengetahui ada 3 nama (Edi Junaidi, Muhammad Syahreza dan Gusti Yuli)  yang meramaikan media 2 bulan belakangan. Namun mereka bersepaham untuk bersatu dan menunjuk Edi Junaidi untuk maju di dalam Muscab IV Kota Banjarmasin," terangnya.


Menurutnya tentu hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran baik untuk kader dan Partai Demokrat itu sendiri. Dengan begitu, ia berharap pola-pola musyawarah dan demokratisasi mendarah daging di partai berlambang mercy ini.


"Seperti arahan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Selatan, Ibnu Sina dari pada kita berperang di dalam, lebih baik kita satukan amunisi dan energi untuk berperang di luar. Karena yang akan kita hadapi adalah Pilpres , Pileg dan Pilkada 2024. Kita harus mengutamakan Kebersamaan." tandasnya.


Dirinya juga mengucapkan syukur, perhelatan Muscab IV Serentak kabupaten/kota se-Kalsel telah terlaksana dengan baik dan lancar hingga di penghujung acara.


"Semoga akan muncul ketua ketua DPC yang terbaik dan siap berjuang bersama, kayuh baimbai memenangkan Partai Demokrat," tutupnya.


(Hamdiah)

6 tampilan0 komentar