• Krisna

Buronan Pembalakan Liar Ditangkap Macan Kalsel, Penangkapan Diwarnai Tembakan

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Unit Opsnal Subdit 3 Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Selatan alias Macan Kalsel kembali menunjukkan taringnya dalam menjaga Kalsel dari aksi kejahatan.

Buronan pembalakan liar berhasil ditangkap tim Macan Kalsel

Macan Kalsel bersama tim gabungan dari Bareskrim Polri, Resmob Polres atau Macan Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Tabalong dan Sektor Dusun kali ini berhasil meringkus buronan kasus pembalakan liar (Illegal logging) yang menyebabkan kerusakan hutan dan dapat membuat negara rugi miliaran rupiah.


Pelaku diketahui berinisial RIP Warga Jalan Siwung Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.


"Pelaku merupakan buronan Bareskrim Polri karena melakukan tindak pidana Illegal logging di kawasan hutan daerah Tumbang Kaman, Kecamatan Sanaman, Kabupaten Katingan, Kalteng ," ucap Kasubdit 3 Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel AKBP Andy Rahmansyah, Jum'at (25/12/2020).


AKBP Andy Rahmansyah mengatakan Macan Kalsel mendapatkan informasi dari tim Bareskrim Polri tentang keberadaan pelaku yang kabur ke Kabupaten Tapin, Kalsel.


"Kemudian tim Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Macan Kalsel untuk melakukan pengejaran dan pencarian terhadap pelaku," ujarnya.


Dia menjelaskan setelah berhasil mendatangi tempat persembunyian pelaku di Tapin dan melakukan menggeledahan ternyata pelaku sudah kabur terlebih dahulu ke daerah Ampah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah.


Setelah mengetahui informasi tersebut tim gabungan langsung bergerak cepat melakukan pengejaran dan berhasil meringkus pelaku di sebuah pondok di Desa Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur.


Penangkapan tersebut sempat diwarnai dengan tembakan peringatan oleh Macan Kalsel karena saat akan diamankan buronan berusaha kabur.


Selain menangkap pelaku, beberapa barang bukti seperti alat berat yang digunakan pelaku untuk melakukan pembalakan pun juga turut diamankan.


"Selanjutnya pelaku diamankan ke Polda Kalsel dan selanjutnya dibawa ke Mako Bareskrim Polri, Jakarta untuk proses hukum lebih lanjut," terangnya.


(Krisna)

5.228 tampilan0 komentar