Buka Sosialisasi PIP, Wawali Sebut Upaya Menuju Banjarmasin Pintar dan Cerdas

terasbanua.com, Banjarmasin - Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor membuka kegiatan sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2022 yang berlangsung di aula SMPN 7 Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Timur, Selasa (8/3/2022).



Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PLT Kepala Dinas Pendidikan, Nuryadi dan jajaran SKPD terkait di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.


Arifin Noor berharap kegiatan tersebut bisa membantu anak-anak siswa yang tidak mampu agar memenuhi 12 tahun wajib belajar, baik nonformal SD SMP SMA maupun paket A, paket B dan paket C. Hal ini diakuinya sebagai upaya mengatasi anak-anak yang putus sekolah karena faktor ekonomi.


"kita dibantu oleh program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, mudah-mudahan ini menjadi dukungan bagi kita semua untuk mewujudkan Indonesia cerdas dan juga Banjarmasin pintar dan cerdas," ucap Arifin Noor.


Adapun kriteria yang menjadi sasaran dalam program Indonesia Pintar tersebut yakni anak yatim piatu atau anak rentan miskin yang terdaftar di basis data terpadu di Dinas Sosial, kemudian pemegang kartu PKH atau KKS serta anak yang berdomisili di Panti Asuhan dan anak-anak yang orang tuanya terkasus hukum atau anak-anak yang terdampak bencana.


"Itu bisa diusulkan lewat sekolah lewat operator sekolah sehingga nanti diverifikasi oleh pusat setelah masuk data Dapodik layak dan tidak layak. Jadi, itu syarat-syarat yang penerima KIP untuk Kota Banjarmasin," pungkasnya.


(Diskominfotik/Hamdiah)

2 tampilan0 komentar