Buka Pelatihan Sadar Wisata, Wali Kota Harap Perekonomian Bangkit

terasbanua.com, Banjarmasin - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meresmikan kegiatan pelatihan sadar wisata dengan tema masyarakat berdaya menuju pariwisata dan ekonomi kreatif yang kuat yang berlangsung di Ballroom Hotel Zuri Lantai 2 Kota Banjarmasin, Selasa (2/11/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Muhammad Ikhsan Alhak dan jajaran Pokdarwis serta para peserta pelatihan.


Ibnu Sina memaparkan tujuan kegiatan tersebut yakni melaksanakan pelatihan untuk sadar wisata, dalam rangka persiapan pemulihan ekonomi nasional dan sektor ekonomi kreatif, parawisata dan ekonomi kreatif tersebut nantinya, akan menjadi andalan untuk pemulihan ekonomi.


"Nah oleh karena itu, kami melalui dinas parawisata melaksanakan pembekalan untuk Pokdarwis kita, untuk segera membenahi objek-objek wisata, paling tidak di 10 objek wisata baru juga, di samping memang sudah ada untuk bisa di benahi, kemudian di edukasi warga sekitar, yang bisa dibenahi warga sekitar termasuk juga pengelolaan nya," papar Ibnu Sina.


Selain itu, Ia berharap agar objek-objek wisata yang telah dibangun untuk wisata hendaknya dikelola dengan benar sesuai dengan peruntukannya agar tidak terjadi kerusakan estetika dan dikelola oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


"Ditambah lagi untuk objek-objek baru seiring dengan pembangunan kota Banjarmasin, misal yang di kelayan, kemudian di pasar baras nah itu kan perlu juga ada pokdarwisnya disitu, sehingga kawasan tersebut ada yang mengelola nantinya, jangan sampai kemudian pengelolaannya nanti di ambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab," harap Ibnu Sina.


Kemudian, Ibnu Sina optimis akhir tahun ini vaksinasi tahap pertama mampu mencapai target 75% untuk meminimalisir penularan Covid-19 di Kota Banjarmasin, sehingga Kota Banjarmasin dapat kembali bangkit di aspek pariwisata pastinya hal tersebut akan melibatkan para pelaku UMKM.


"Nah, kami berharap kita finish akhir tahun ini menuju herd imunity Banjarmasin yang ke 75% mudah-mudahan bisa terwujud sehingga pemulihan ekonomi juga bisa kita lakukan dan melihat kota seribu sungai untuk menyambut wisatawan," pungkasnya.


(Diskominfotik-Nt/Hamdiah)

1 tampilan0 komentar