Bubur Ayam Menu Warisan Untuk Berbuka Puasa di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

terasbanua.com, Banjarmasin - Menu makanan bubur ayam sudah tidak asing lagi bagi jamaah yang berbuka puasa di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Pasalnya bubur ayam sendiri merupakan hidangan berbuka puasa yang sudah menjadi tradisi puluhan tahun Masjid Raya Sabilal Muhtadin.


Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah yang berbuka puasa di Masjid terbesar di Kalimantan Selatan.


Sudah menjadi pemandangan biasa Masjid Raya Sabilal Muhtadin selalu di penuhi jamaah setiap menjelang waktu berbuka.


H Darul Quthni, Ketua Umum (Ketum) Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin menuturkan, bubur ayam merupakan menu wajib untuk berbuka puasa di masjid tersebut. Di mana para pendahulu selalu menyiapkan menu bubur ayam untuk jamaah yang berbuka puasa.


"Sejak awal berdirinya masjid ini, orang tua pendahulu kita itu, sudah menetapkan kalau bubur ayam ini sebagai menu buka puasa. Sehingga menjadi warisan yang tetap dilakukan hingga saat ini," ujarnya saat ditemui usai berbuka puasa dan salat Maghrib, Jumat (16/4/2021).


Dirinya juga mengatakan menu berbuka puasa bubur ayam ini sudah menjadi tradisi dari warisan para pendahulu sehingga tetap dipertahankan dan dilestarikan pihaknya.


"Ternyata setelah dari waktu ke waktu, tradisi berbuka puasa dengan bubur ayam ini, mendapat respon yang bagus dari masyarakat," ucapnya.


Bubur ayam yang dihidangkan pun merupakan menu sama sejak dulu, tidak ada perubahan resep.


"Kalau untuk buburnya itu, kita hanya memakai bubur ayam yang sama dari dulu. Jadi bubur ayamnya itu sudah turun temurun, dari neneknya, kemudian ke ibunya, hingga sekarang ke cucunya," terangnya.


Sementara itu, Sugeng salah satu jamaah mengaku sudah sering ikut berbuka bersama di Masjid Sabilal Muhtadin bersama jamaah lainnya.


"Ya selain rasanya yang memang enak, ditambah lagi teksturnya itu berbeda dengan bubur ayam lainnya, sehingga nyaman saat menyantapnya," ujarnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar