Bocah 6 Tahun Jadi Korban Kebakaran, Ibnu Sina : Perlu Edukasi Pada Anak Dalam Penyelamatan Diri

terasbanua.com, Banjarmasin - Musibah kebakaran yang terjadi di Pangeran Antasari RT 05, RW 01 beberapa waktu lalu menyisakan duka mendalam.



Pasalnya dalam musibah kebakaran tersebut telah memakan satu korban jiwa yakni seorang anak laki-laki (6) yang ditemukan tewas terbakar dalam puing-puing sisa kebakaran. Diketahui, korban saat itu sedang berada di rumah seorang diri.


Berkaca dari pengalaman tersebut, apakah pemberian edukasi untuk menyelamatkan diri dari musibah kebakaran maupun bencana pada anak usia dini perlu dilakukan?


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan bahwa edukasi penyelamatan diri memang perlu dilakukan. Guna mengantisipasi adanya korban dalam musibah kebakaran terutama pada anak.


"Saya kira itu sangat perlukan. Supaya anak-anak paham ketika ada musibah kebakaran ataupun bencana lari kemana, apa yang dilakukan sehingga tidak terjadi seperti yang kemarin," ungkapnya, Sabtu (29/1/2022).


Selain itu, ia mengungkapkan bahwa setiap wilayah di Banjarmasin sudah didirikan Kampung Tangguh Bencana.


Dimana di dalam program kampung tangguh ini juga berfungsi untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi terjadinya bencana hingga musibah kebakaran.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menambahkan bahwa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat juga turut melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP-PKK) Kota Banjarmasin.


"Jadi dari TP-PKK juga ada untuk mengedukasi bagaimana mencegah terjadinya kebakaran termasuk persiapan Apar atau alat pemadam api ringan," akhirnya.


(Hamdiah)

7 tampilan0 komentar