Besok Pemko Banjarmasin Akan Salurkan Bantuan Kemanusiaan Korban Banjir Kalteng

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin berencana akan mengirim bantuan pada Kalimantan Tengah (Kalteng) yang saat ini mengalami musibah banjir.

Personel BPBD Kota Banjarmasin menyiapkan perlengkapan bantuan untuk korban bencana banjir di Kalteng

Hal tersebut langsung (Plt) Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Edy Wibowo kepada awak media, Rabu (8/9/2021).


"Rencana Insya Allah besok siang kita berangkat ke Katingan yang diperkirakan beberapa hari sampai di sana. Paling tidak kita membantu semampu kita lah. Sementara itu yang dapat saya sampaikan," katanya.


Edy Wibowo menuturkan bahwa ada 10 personel yang akan dikirim untuk membantu mengevakuasi korban banjir di Kalteng.


"Kita ada 27 personel jadi kita bagi, karena sebagian berjaga-jaga disini, ada juga yang bertugas di isoter karena tetap jalan. Sehingga yang kita kirim itu sebagian lah," jelasnya.


Selain itu, bantuan logistik berupa mie instan juga turut disalurkan. Tak hanya itu peralatan  seperti perahu karet dan lainnya juga ikut disalurkan.


"Ada 100 dus mie instan kita salurkan nanti karena mie instan lebih mudah dimasak dari pada beras. Ada sebanyak 100 pcs selimut. Termasuk perahu karet satu dengan perlengkapannya, tabung oksigen, jaket pelampung, dan keperluan lainnya untuk membantu," terangnya.


Sebelumnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kalteng untuk mengarahkan bantuan yang akan disalurkan.


"Kalteng mengarahkan langsung ke Katingan. Nah kalau BPBD Katingan sudah melakukan koordinasi juga yang jelas kita sudah melakukan koordinasi BPBD Katingan karena mereka lebih tahu. Supaya tidak salah sasaran," tuturnya.


Sementara itu, mengenai posko untuk warga kota Banjarmasin yang ingin menyalurkan bantuan kepada saudara di Kalteng. Untuk itu masih dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Kota Banjarmasin mengingat hal tersebut buka wewenang pihaknya.


"Mengenai posko penerima bantuan, ini kita masih mengkoordinasikan dengan ke Dinas Sosial karena wewenang kita tidak sampai di sana," ujarnya.


Tentunya bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian Pemko Banjarmasin kepada korban bencana banjir Kalteng.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar