Besok Disperdagin Kota Banjarmasin Gelar Operasi Minyak Goreng Curah Untuk Pertama Kalinya

terasbanua.com, Banjarmasin - Untuk pertama kalinya, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin akan mengelar operasi pasar murah minyak goreng curah.



Rencananya pergelaran operasi pasar murah minyak goreng curah tersebut akan dilaksanakan (14/4/2022) Kamis besok, di Kantor Kelurahan Sungai Andai.


"Pertama kalinya digelar itu kami siapkan sebanyak 2 ribu liter," ucap Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar di sela-sela memantau pelaksanaan bazar pasar murah di depan Kantor Kelurahan Sungai Miai, Rabu (13/4/2022).


Tezar sapaan akrab mengungkapkan bahwa dalam pergelaran perdana itu, pihaknya hanya bisa menyiapkan 2 ribu liter minyak goreng curah.


Pasalnya persiapan minyak goreng curah lebih sulit dibandingkan kemasan karena petugas harus menangkar minyak goreng curah dulu sebelum diserahkan kepada warga yang membeli.


"Karena kita menakar literannya itu langsung di tempat, makanya tidak bisa terlalu banyak yang siapkan," tuturnya.


Guna menghindari terjadinya kerumunan dalam pelaksanaannya nanti. Pihaknya bersama Dewan Kelurahan Sungai Andai beserta RT juga telah mengatur antrian melalui kupon yang diberikan.


"Jadi tidak terbuka untuk umum karena ada kupon yang akan dibagi kepada warga Sungai Andai," bebernya.


Adapun harga minyak goreng curah yang dijual sesuai dengan penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) oleh Pemerintah Pusat yakni sebesar Rp. 14 ribu per liternya.


"Setiap warga hanya boleh menembus 5 liter maksimalnya," cetusnya.


Selain menyiapkan minyak goreng curah, pihaknya juga akan menyiapkan 1.200 liter minyak goreng kemasan bersubsidi dalam pergelaran tersebut.


"Untuk minyak goreng kemasan itu, harganya Rp. 22 ribu per liternya," ujarnya.


Tentunya ia berharap pergelaran operasi pasar murah minyak goreng curah ini, bisa terus dilaksanakan di Banjarmasin.


"Ini yang pertama dulu. Mudah-mudahan bisa berlanjut lagi dengan kesepakatan antara kita Disperdagin Kalsel dan Distributor," harapnya.


(Hamdiah)

49 tampilan0 komentar