Berita Acara Rapat Pleno Tidak Ditandatangani Saksi H2D, Tidak Menjadi Persoalan

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah resmi menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan tahun 2020, Jumat malam (18/12/2020).

Berita Acara Rapat Pleno Tidak Ditandatangani Saksi H2D, Tidak Menjadi Persoalan
Berita Acara Rapat Pleno Tidak Ditandatangani Saksi H2D, Tidak Menjadi Persoalan

Dari hasil rekapitulasi tersebut menunjukan bahwa perolehan suara pasangan calon (Paslon) nomor urut 01 Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu) memenangkan Pilgub 2020 dengan perolehan suara 851.822.


Sementara pasangan lawan nomor urut 02 Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D) hanya memperoleh suara 843.695 dengan selisih suara 8.127.


Dalam rapat pleno terakhir ini, ketidak hadiran saksi Paslon nomor urut 02 dalam pembacaan dan penetapan hasil rekapitulasi tersebut turut menjadi perhatian, pasalnya dalam penandatanganan berkas berita acara hasil rapat pleno dari saksi Paslon nomor urut 02 tidak ada.


Diketahui bahwa ketidak hadirnya saksi Paslon nomor urut 02 lantaran tidak menerima hasil suara dari Kabupaten Banjar.


Mengenai hal itu, Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji, menanggapi bahwa tidak menjadi persoalan, sebab dari 13 kabupaten jota, saksi paslon nomor urut 02 tersebut hadir dan hanya pada kabupaten Banjar saja yang tidak berhadir.


"Tidak hadirnya saksi Paslon itu tidak mempengaruhi hasil rapat pleno kita. Tapi setelah ini kita menunggu apakah ada register di MK," pungkasnya.


Sementara itu, secara terpisah Puar Djunaidi, Koordinator Pemenangan Pemilu Wilayah Kalsel dari Partai Golkar juga tidak mempersoalkan hal itu. Menurutnya UU Pemilu sudah memberikan hak kepada pasangan calon untuk menyiapkan saksi pada setiap tingkatan rekapitulasi, dari tingkat TPS hingga provinsi.


"Persoalan dia tidak hadir dan tidak mau tanda tangan, ya, berarti dia tidak mengunakan haknya," ujarnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua