Berikan Peluang Usaha Rumahan, DPPKBPM Banjarmasin Gelar WUB Pengolahan Pentol Kepada Warga

terasbanua.com, Banjarmasin - Guna memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha rumahan.



Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin mengelar pelatihan Wirausaha Baru (WUB) untuk pengolahan pentol bakso dan variasinya.


Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor DPPKBPM yang berlokasi Jalan Brigjen Jendral Hasan Basri No.16, Kecamatan Banjarmasin Utara dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, Senin (18/7/2022).


"Mudah-mudahan setelah kita fasilitasi mulai dari pelatihan dan peralatan yang kita berikan mereka bisa tetap eksis dengan usaha yang akan dijalani," ucap Arifin.


Melalui pelatihan seperti ini, tentu ia berharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja sendiri dari peluang usaha yang ada untuk warga Kota Banjarmasin.


Sementara itu, Kepala DPPKBPM Kota Banjarmasin, Muhammad Helfianoor mengatakan bahwa ada 40 warga terbagi dalam beberapa kelompok yang mengikuti pelatihan WUB ini yang mana setiap kelompok tersebut merupakan perwakilan warga di tiap Kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin.


"40 orang itu dibagi menjadi 8 kelompok," ujarnya.


Ia menjelaskan alasan pemilihan pelatihan untuk pembuatan pentol sendiri karena memang proses produksinya yang sangat sederhana dan mudah. Selain itu, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak.


Diakuinya sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan survei ke lapangan mengenai penjualan pentol yang sekarang ini memang marak digeluti masyarakat.


"Dari ibu-ibu juga yang memilih untuk usaha pembuatan pentol karena keterbatasan modal yang memang kebanyakan itu dari kelas menengah bawah," terangnya.


Dengan memanfaatkan program Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin yakni BAHUMA (Bausaha Tanpa Bunga) yang memang membantu warga yang ingin membuka UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) baru.


"Kalau mereka sudah berhasil, mungkin kita laporkan ke Disperdagin terkait pembinaan selanjutnya," katanya.


Adapun untuk pelatihan ini akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan.


Hamdiah

4 tampilan0 komentar