Bergelimang Prestasi, Ibnu Sina Disebut Ideal Pimpin Kota Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Jabatan H. Ibnu Sina, sebagai Wali Kota Banjarmasin resmi berakhir pada tanggal 17 Februari 2021 silam. Selama dipimpin Ibnu Sina, Pemko Banjarmasin bergelimang prestasi.

Selama 5 tahun ia memimpin tercatat 156 pengahargaan masuk Balai Kota Banjarmasin. Salah satu penghargaan yang prestisius yang diterima suami Siti Wasilah, tersebut dinobatkan sebagai Wali Kota Terabaik se Indonesia dari Seven Media Asia-Asia Global Council kategori Wali Kota Best Of The Beat Figure 2019.

Dari sisi pengelolaan keuangan, tahun 2019 silam Ibnu Sina mempersembahkan laporan keuangan dengan wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuanga (Kemenkue) RI, yang ke 7 kalinya.


Selain bergelimabng prestasi pembangunan selama kepemimpinan Ibnu Sina juga sangat jelas terlihat dan dirasakan masyarakat. Pembangunan yang sangat prestisiuan dipersembahkan Ibnu Sina di akhir masa jabatannya, yaitu Jembatan Bromo.

"Kota Banjarmasin mendapatkan predikat layak huni nomor 7 se Indonesia yang diumumkan pada tahun 2017 yang lalu," ujar Ibnu Sina.


Sentuhan Ibnu Sina tidak hanya berhasil membawa pulang prestasi, ia juga menanamkan semangat kerja di lingkungan Pemko Banjarmasin. Ia menanamkan pondasi semangat Kayuh Baimbai dengan slogan Banjarmasin Baiman (Barasih wan nyaman). "Barasih jalanan kita, barasih sungai-sungai kita, barasih lingkungan bahkan sampai ke hati kita," ujarnya.

Ia juga menyampaikan selama 5 tahun memimpin terdapat 3 program prioritas. Pertama, pembenahan sungai untuk pariwisata berbasis sungai. Kedua, melahirkan wirausaha baru berbasis UMKM untuk mengembalikan Kota Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa.

Ketiga, layanan publik cepat, tepat, murah, dan berbasis pada teknologi dengan program Smart City. "Target melahirkan 2.500 wirausaha baru selama 5 tahun telah tercapai,'' bebernya.


Dengan semua prestasi dan keberhasilan pembangunan selama lima tahun terakhir, Ibnu Sina dinilai sangat ideal memimpin Kota Banjarmasin lima tahun akan datang. Hal ini disampaikan Nurhayati, salah satu warga Jalan H. Hasan Basri, Banjarmasin Utara.


``Pembangunan selama kepemimpinan pak Ibnu Sina sampai ke lingkungan kami. Bisa kita lihat seperti pengaspalan jalan dan penanganan drainase di komplek-komplek perumahan. Jadi, saya pikir beliau ideal melanjutkan lima tahun lagi agar pembangunan semakin maju,'' nilainya.


(Tim)

0 tampilan0 komentar