• Krisna

Beredar Imbauan Agar Warga Terdampak Banjir Bawa Sajam, Humas Polda Kalsel: Itu Hoax

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Entah apa yang dipikirkan otak para penyebar hoax, di tengah musibah banjir di Kalimantan Selatan, kabar hoax semakin beredar dimana-mana membawa keresahan bagi masyarakat yang terdampak.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i

Salah satu informasi hoax tersebut adalah kabar bahwa warga yang terdampak bencana banjir agar membawa senjata tajam untuk berjaga-jaga dan membolehkan warga melukai bahkan menghabisi nyawa pelaku, apabila terbukti telah melakukan tindak kejahatan, karena banyaknya pencuri berkeliaran yang memanfaatkan kondisi untuk menjarah rumah warga.


Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto melalui Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifa’i menegaskan informasi yang sempat beredar di media sosial tersebut tidak benar.


Kombes Pol Mochamad Rifai mengatakan kabar tersebut sengaja disebar oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk membuat cemas masyarakat yang sedang dilanda kesusahan.


"Kabar yang sempat beredar di medsos itu hoax atau tidak benar," ucap Kabid Humas Polda Kalsel, Rabu (20/1/2021).


"Masyarakat Kalsel jangan mudah percaya dengan informasi dari sumber tidak jelas asalnya yang biasa tersebar di medsos dan selalu melakuakan croscek  kepada pemerintah maupun aparat penegak hukum guna mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut," imbaunya.


Karena informasi hoax sudah mengandung unsur provokatif tersebut, guna mencegah timbulnya perasaan cemasan, kebencian bahkan permusuhan bagi yang membacanya, Ia menegaskan Polda Kalsel akan menyelidiki siapa dibalik penyebar berita hoax tersebut.


(Krisna)

43 tampilan0 komentar