• Krisna

Berbagi Semangat Saat Pandemi, UKM PSHT ULM Gandeng Juara Dunia Dalam Webinar Nasional Pencak Silat

terasbanua.com, Banjarmasin - Dalam rangka milad yang ke 14 Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Lambung Mangkurat (UKM PSHT ULM) mengadakan rangkaian kegiatan diesnatalis guna merayakan hari besar tersebut.

Salah satunya, hari Minggu (29/8/2021) pagi, UKM PSHT ULM mengadakan kegiatan Webinar Pencak Silat Nasional dengan tema meningkatkan semangat berprestasi di masa pandemi dalam beladiri pencak silat.


Kegiatan yang dilaksanakan secara online dengan media aplikasi zoom tersebut diikuti sekitar 400 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.


Ketua Umum UKM PSHT ULM Ahmad Syarifudin didampingi Ketua Pelaksana Webinar Nasional Pencak Silat Muhammad Sabirin mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna memeriahkan perayaan milad UKM PSHT ULM, menjalin silaturahmi serta memperkuat relasi antara pesilat dari berbagai penjuru daerah di Indonesia dan juga membangkitkan motivasi agar menjadi atlet yang berprestasi meskipun di tengah pandemi Covid-19.


Menurutnya, meskipun dalam masa PPKM Level 4 seperti sekarang meskipun kegiatan dibatasi namun di era yang serba modern masih bisa mengakalinya dengan kegiatan online maka jangan sampai malah menyurutkan semangat untuk melaksanakan hal yang bermanfaat.


"Meskipun sekarang dalam masa pandemi, kemanfaatan baik berupa wawasan ataupun pengabdian terhadap masyarakat harus tetap kita berikan. Sebab organisasi kita berada dalam lingkup perguruan tinggi, sudah pasti harus menjalankan peran yang seharusnya kita jalankan," ucap Ketua Umum UKM PSHT ULM.


"Saya sangat mengapresiasi teman - teman pengurus serta panitia yang sudah berjuang, meski dalam kondisi seperti ini tidak menyerah begitu saja dan tetap melaksanakan pengabdian untuk organisasi dan tetap menebarkan manfaat bagi orang banyak," lanjutnya.


Mengenai tema kegiatan, ia berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat guna mensupport dalam berbagi semangat kepada para atlet pencak silat di masa pandemi ini.


"Sebab memang tema ini sangat relevan dengan problema yang ada sekarang, selain itu sangat cocok untuk kita adakan," terang Syarifudin.


Dalam webinar pencak silat nasional ini turut mengundang atlet juara dunia pencak silat sebagai pematerinya antara lain Hanifan Yudani Kusuma, Iqbal Chandra dan Puspa Arumsari dengan dimoderatori oleh salah satu anggota UKM PSHT ULM Novia Permata Sari.


Materi yang dibawakan masing masing pemateri antara lain Hanifan dengan materi manajemen konflik dalam pertandingan pencak silat di era pandemi, Iqbal dengan materi pengembangan dan pengaplikasian teknik pencak silat, Arum dengan materi meningkatkan semangat berprestasi pada kategori tunggal baku.


Atlet peraih medali emas pada Asian Games di Jakarta 2018 lalu, Hanifan Yudhani Kusuma mengatakan bahwa kegiatan webinar tersebut menjadi media yang sangat membantu untuk berbagi motivasi kepada para generasi muda atau calon atlet di masa pandemi sekarang ini.


"Semoga dengan ini dapat terus berkembang serta mengembangkan dengan masukan yang sudah diberikan dalam webinar tadi dan semoga materi yang sudah diberikan dalam webinar tadi dapat memberikan dampak positif bagi semua kedepannya," harap pesilat berkharisma tersebut.

"Sukses selalu UKM PSHT ULM, semoga lancar dan kedepannya dapat lebih berprestasi," pungkasnya.


(Krisna)

40 tampilan0 komentar