Berbagai Catatan Hasil Penilaian ADWI Oleh Dewan Juri Jadi Evaluasi Kubah Basirih ke Depannya

terasbanua.com, Banjarmasin - Usai menerima kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno bersama Tim Dewan Juri di Kubah Basirih dalam rangka penilaian rangka penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.



Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengucapkan rasa syukur dan senang karena kegiatan penilaian ADWI hari ini bisa berjalan lancar dan sukses hingga dipenghujung acara.


"Kedatang Mas Menteri juga memberikan penghargaan dengan penandatangan prasasti peresmian Desa Wisata Kubah Basirih masuk 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Walaupun nantinya dinilai lagi dari 50 itu," ucap Ibnu Sina kepada awak media, Jumat (3/6/2022).


Dari penilaian tadi lanjutnya, ada banyak masukan bagus yang diterima dari Tim Dewan Juri dan akan menjadi evaluasi pihaknya untuk pembenahan Kubah Basirih ke depan.


Salah satunya ialah memperdayakan warga setempat untuk pengelolaan Home Stay di sekitar kawasan tersebut. Walaupun Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah menyediakan fasilitas Home Stay atau rumah wisata terbuat dari lanting di Dermaga Apung untuk penziarah yang ingin beristirahat sementara.


"Jadi jika ada warga yang mau bikin itu bisa juga. Tadi beliau juga sudah berkomitmen untuk membantu rumah lanting atau rumah hunian bagi penziarah yang ingin beristirahat ataupun bermalam," tuturnya.


"Terpenting masukkan tadi pemberdayaan warga setempat dan kita sebelumnya juga sudah punya Pokdarwisnya untuk pengelolaan di sini," sambungnya.


Selain itu, yang menjadi catatan pihaknya juga ialah kebersihan lingkungan di kawasan destinasi religi juga terus diperhatikan.


"Beliau mengkampanyekan itu. Destinasi wisata itu silahkan dengan keunikannya tidak perlu dibuat-buat tapi terpenting kebersihannya," tandasnya.


Di samping itu, Orang nomor satu di kota berjuluk Seribu Sungai ini meminta doa kepada seluruh warga Kota Banjarmasin agar wisata religi Kubah Basirih bisa berhasil masuk 10 besar setelah berhasil masuk 50 besar ADWI.


"Harap doanya warga kota Banjarmasin," tutupnya.


Sementar itu, Ketua Dewan Juri, Ary Suhadi mengatakan bahwa banyak hal yang dinilai dalam ADWI ini, tidak hanya pada yang disiapkan ataupun ditampilkan di Kubah Basir.


"Nilai kemanusian juga masuk dalam penilaian yang kita lihat bagaimana pelibatan warga setempat untuk desa wisata ini," katanya.


Selain itu, lanjutnya nilai edukasi juga masuk dalam penilaian yang mana ia menilai edukasi di wisata religi ini sangat kuat. Menurutnya hal tersebut yang menarik para wisata untuk berkunjung.


Tidak hanya hanya itu, nilai ekonomi di wisata religi tersebut juga tak luput dari penilaian. Jika suatu destinasi wisata bisa dikelola dengan baik lanjutnya. Maka ada peluang bagi warga setempat untuk meningkatkan perekonomian.


"Masih banyak peluang yang bisa dikembangkan Kubah Basirih. Jadi kami ingin Kubah Basirih naik kelas. Tapi ya tadi perlu dibenahi lagi fasilitasnya agar memberikan kenyaman bagi wisatawan," akhirnya.


Hamdiah

4 tampilan0 komentar